Breaking News:

Pendidikan

Ijazah SMA Ditahan Sekolah Bikin Dua Alumninya Kesulitan Cari Pekerjaan

Gara-gara ijazah SMA ditahan sekolah karena menunggak pembayaran uang gedung, dua siswi alumninya kesulitan mencari pekerjaan.

Surya
ijazah 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Agus, petugas penerima lamaran kerja di sebuah perusahaan jasa pengiriman di Jalan Kartini Kota Pekalongan mengaku tak kuat hati.

Pasalnya, saat ia menerima dua lamaran kerja dari dua gadis yang baru saja lulus sekolah, ia mendengarkan cerita yang membuat ia prihatin.

Diceritakan Agus kepada Tribunjateng.com melalui sambungan telpon, dua gadis tersebut datang membawa lamaran yang hanya dilengkapi Surat Keterangan Lulus (SKL).

"Pekan lalu ada dua remaja datang dan melamar pekerjaan, mereka melamar hanya membawa SKL padahal keduanya sudah lulus sekolah," terangnya, Rabu (26/08/2020).

Bukan SKL atau kondisi fisik kedua remaja yang datang menemui Agus yang membuatnya perhatian, namun cerita tentang alasan kedua gadis tersebut melamar kerja.

"Mereka mengaku ingin kerja untuk membayar kekeruangan uang gedung, karena hal itu ijazah mereka ditahan pihak sekolah, dan melamar menggunakan SKL," paparnya.

Agus pun mengaku, sempat mendengarkan keluh kesah kedua gadis yang mencoba mencari pekerjaan itu.

"Kata mereka orang tuanya terdampak pandemi Covid-19, dan mereka merasa harus menanggung kekurangan biaya yang harus dibayar untuk mendapatkan ijazah," kata Agus.

Diterangkannya, kedua gadis itu bernama Sabila dan Hasana yang pernah menjadi murid di salah satu SMA negeri di Kota Pekalongan.

"Padahal sekolahnya negeri tapi kenapa menahan ijazah, katanya pendidikan sudah dibiayai negara. Tapi kenyataan dilapangan berbanding terbalik," imbuhnya.

Halaman
1234
Penulis: budi susanto
Editor: moh anhar
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved