Breaking News:

Perbup Banjarnegara Nomor 44 Tahun 2010 Terbit, Langgar Protokol Bisa Dicabut Izin Usahanya

Pemerintah Kabu[aten Banjarnegara terus berupaya mengendalikan penyebaran virus corona (Covid-19).

Penulis: khoirul muzaki | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Khoirul Muzaki
Kampanye penggunaan masker di Puskesmas oleh Pemkab Banjarnegara. 

 TRIBUNJATENG.COM, BANJARNEGARA - Pemerintah Kabupaten Banjarnegara terus berupaya mengendalikan penyebaran virus corona (Covid-19). Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono, telah mengeluarkan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 44 tahun 2020 tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan, sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19.

"Kita berupaya menerapkan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan. Ini semua sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid -19 di Kabupaten Banjarnegara,” katanya, Rabu (26/8)

Perbup yang ditetapkan tanggal 10 Agustus tersebut telah berlaku dan memiliki kekuatan hukum. Subjek yang diatur dalam Perbup itu bukan hanya perorangan, namun juga pelaku usaha, dan pengelola, penyelenggara, atau penanggung jawab tempat dan fasilitas umum.

Perbup nomor 44 tahun 2020 tersebut mengatur kewajiban masyarakat, misalnya bagi perorangan, wajib menggunakan alat pelindung diri berupa masker jika keluar rumah atau saat berkomunikasi dengan orang lain.

Masyarakat juga diharuskan mencuci tangan pakai sabun dengan air yang mengalir, menjaga jarak serta menghindari kerumunan orang banyak.

Adapun bagi pelaku usaha atau penanggung jawab fasilitas umum, wajib menyediakan tempat cuci tangan, membersihkan tempat usahanya secara berkala, serta melakukan fasilitasi deteksi dini dalam penanganan kasus.

Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono, mengatakan, masa adaptasi kebiasaan baru telah berlaku, namun masih banyak warga yang tidak mematuhi protokol kesehatan sebagaimana mestinya.

Ia menegaskan Perbup tersebut bukan untuk menakut-nakuti masyarakat, melainkan untuk menegakkan disiplin protokol kesehatan mengingat virus corona masih merebak.

Pemkab Banjarnegara telah melonggarkan aktivitas masyarakat dan dunia usaha agar kondisi ekonomi kembali pulih. Tetapi dengan syarat, masyarakat dan pelaku usaha harus mau patuh melaksanakan protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

Budhi mengatakan, ia beserta jajarannya tengah berjuang memulihkan ekonomi masyarakat yang sempat terpuruk karena wabah Covid-19.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved