Breaking News:

Forkopimda Banjarnegara Deklarasi Penerapan Disiplin Protokol Kesehatan

Forkopimda Banjarnegara deklarasi bersama penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan.

Tribun Jateng/Khoirul Muzaki
Deklarasi bersama penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam rangka pencegahan penyebaran wabah Covid-19, sekaligus Penerapan Adaptasi Kebiasaan Baru di Balai Apung Surya Yudha Park, Kamis (27/08). 

TRIBUNJATENG.COM, BANJARNEGARA - Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Banjarnegara melaksanakan deklarasi bersama penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam rangka pencegahan penyebaran wabah Covid-19, sekaligus Penerapan Adaptasi Kebiasaan Baru. Deklarasi dilakukan di Balai Apung Surya Yudha Park, Kamis (27/08/2020).

Pembacaan deklarasi dilakukan oleh Bupati Budhi Sarwono, diikuti oleh jajaran Forkompimda Kabupaten Banjarnegara, antara lain Kapolres, Dandim 0704, Kejari, Ketua Pengadilan Negeri, Pengadilan Agama, ketua DPRD. Hadir pula unsur BPBD, Satpol PP, Ikatan Dokter Indonesia (IDI), ketua ormas pemuda dan keagamaan, serta unsur swasta atau badan usaha.

Tiga point dalam isi deklarasi tersebut antara lain, mereka siap melaksanakan instruksi Presiden Republik Indonesia nomor 6 tahun 2020, dan peraturan Bupati Banjarnegara nomor 44 tahun 2020, tentang protokol kesehatan, untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Kabupaten Banjarnegara.

Mereka juga siap melaksanakan pendisiplian dan penegakan hukum bagi masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan. Serta memberikan contoh dan teladan bagi masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan di lingkungan masyarakat.

Budhi mengklaim saat ini, pencegahan Covid-19 di Kabupaten Banjarnegara cukup bagus karena jumlah kasus penyebaran relatif kecil.

“Kehidupan kita sudah pasti berubah untuk mengatasi resiko wabah pandemi covid-19, seluruh masyarakat diharuskan untuk beradaptasi dengan tatanan hidup baru,” katanya.

Ia berharap kebiasaan baru seperti ini bisa diterapkan secara massif di wilayah Banjarnegara. Harapannya kebiasaan batu itu dapat menjadi norma sosial dan norma induvidu baru dalam kehidupan sehari-hari.

Kapolres Banjarnegara AKBP Fahmi Arifrianto menambahkan, pihaknya siap menegakkan disiplin atas Instruksi Presiden dan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 44 tahun 2020 tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan.

Perbup yang ditetapkan tanggal 10 Agustus tersebut telah mulai diimplementasikan tanggal 24 Agustus 2020 sehingga telah berlaku dan memiliki kekuatan hukum. Subjek yang diatur dalam Perbup itu meliputi perorangan, pelaku usaha, dan pengelola, penyelenggara, atau penanggung jawab tempat dan fasilitas umum.

“Secara tupoksi dan kedinasan kami bertanggung jawab penuh atas keselamatan rakyat. Jadi mohon kerja samanya untuk bisa disiplin," katanya. (*)

Penulis: khoirul muzaki
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved