Breaking News:

Stikes Telogorejo Semarang

SEMBACO Sepaket Edukasi Mencegah Wabah Covid-19

Indonesia merupakan salah satu negara tertinggi kasus Covid-19 diantara negara se Asia Tenggara.

IST
SEMBACO Sepaket Edukasi Mencegah Wabah Covid-19 

Oleh :Ns. Asti Nuraeni, M.Kep., Sp.Kep.Kom
Dosen Stikes Telogorejo Semarang

PANDEMI Covid-19 dari data terbaru, Indonesia merupakan salah satu negara tertinggi kasus Covid-19 di antara negara lain se-Asia Tenggara. Dengan data pasien terkonfirmasi positif yang terus meningkat membuat seluruh masyarakat saat ini harus selalu melakukan upaya pencegahan, baik secara fisik maupun psikologis.

Data pasien terkonfirmasi positif semakin hari juga bertambah, khususnya di Kota Semarang. Terjadinya pandemi Covid-19 ini tidak hanya menimbulkan masalah fisik melainkan juga masalah psikologis.

Masyarakat mengalami reaksi emosional berupa ketakutan, perasaan stigmatisasi, kesepian, kebosanan, kemarahan, kegelisahan, dan rasa ketidakpastian. Masyarakat menjadi waswas, khawatir, cemas, takut, dan gelisah dalam menghadapi kondisi pandemi saat ini.

Berdasarkan data tersebut, peran kader kesehatan dalam upaya pencegahan Covid-19 harus selalu dilakukan secara teratur dan periodik. Maka dari itu kader kesehatan perlu dilatih tentang bagaimana memberikan edukasi kepada masyarakat, khususnya warga di wilayahnya terkait tentang edukasi pencegahan Covid-19 baik fisik maupun psikologis.

Salah satu upaya pencegahan yang bisa dilakukan adalah pemberian paket SEMBACO yaitu Sepaket Edukasi Mencegah Wabah Covid-19. Berisi tentang penjelasan tentang Covid-19, dampak yang ditimbulkan fisik dan psikologis, serta edukasi yang diberikan terhadap kasus COVID-19 yaitu Kasus Suspek, Kasus Probable, Kasus Konfirmasi, Kontak Erat, Pelaku Perjalanan, Discarded, Selesai Isolasi, dan Kematian. Untuk Kasus Suspek, Kasus Probable, Kasus Konfirmasi, Kontak Erat, istilah yang digunakan pada pedoman sebelumnya adalah Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP), dan Orang Tanpa Gejala (OTG).

Paket edukasi yang diberikan adalah promosi kesehatan terdiri dari peningkatan imunitas fisik dan imunitas kesehatan jiwa dan psikososial. Peningkatan imunitas fisik berupa makanan bergizi, minum yang cukup, olah raga minimal 30 menit sehari, berjemur dipagi hari, istirahat yang cukup. Cara meningkatkan imunitas kesehatan jiwa dan psikososoial adalah emosi positif, pikiran positif, hubungan sosial positif dan kegiatan ibadah.

Pencegahan masalah kesehatan terdiri dari pencegahan penularan dan pencegahan masalah kesehatan jiwa dan psikososial. Pencegahan penularan seperti jarak sosial, jarak fisik, cuci tangan, masker kain, tinggal dirumah aja, membersihkan handphone. Pencegahan masalah kesehatan jiwa dan psikososial seperti sikap reaktif dan sikap responsif. Diharapkan dengan diberikan paket SEMBACO pada masyarakat akan memberikan dampak penurunan resiko penularan wabah virus Corona. (*)

Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved