Breaking News:

Berita Pati

Penyandang Disabilitas di Pati Adakan Lomba Makan Kerupuk untuk Meriahkan HUT Ke-75 RI

Sorak-sorai dan tepukan tangan menggemuruh di Sekretariat Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kabupaten Pati di Jalan Panglima Sudirma

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Sorak-sorai dan tepukan tangan menggemuruh di Sekretariat Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kabupaten Pati di Jalan Panglima Sudirman, Sabtu (29/8/2020).

Para penyandang disabilitas tengah menyelenggarakan berbagai perlombaan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-75 Republik Indonesia.

"Teman-teman disabilitas begitu antusias, setelah kemarin saya beri masukan dan dorongan. Kenapa kita tidak ikut memeriahkan atau mengisi kemerdekaan?

Ini demi menghargai pahlawan-pahlawan yang dulu memperjuangkan kemerdekaan. Jangan memandang fisik kita tidak mampu," ungkap Ketua PPDI Pati Suratno pada Tribunjateng.com.

Polisi Sebut Gerombolan Perusak Polsek Ciracas Juga Serang Minimarket & Ruko

Kepala Kanwil Kemenag Jateng: Peran Ustaz Sangat Penting dalam Membentuk Karakter

Ini Kata Dandim Soal Polsek Ciracas Dibakar: Sementara Tidak Ada Keterlibatan Anggota TNI

Jokowi Pulang Kampung Nyekar Ke Makam Ibunda Sujiatmi, Warga Berebut Sembako

Ia mengatakan, ada sekira 40 orang yang mengikuti perlombaan. Jenis perlombaan yang diadakan disesuaikan dengan kondisi masing-masing penyandang disabilitas.

Terdapat empat lomba yang diadakan, yakni lomba makan kerupuk sambil duduk, lomba balap kelereng sambil merangkak, lomba joget, dan lomba memasukkan benang ke dalam lubang jarum.

"Dalam lomba joget, yang tidak bisa berdiri mereka bisa sambil duduk. Teman yang pakai protesa (anggota tubuh buatan) lawannya ya juga yang pakai protesa," kata Suratno.

Ia menambahkan, lomba memasukkan benang ke dalam lubang jarum diadakan untuk mengakomodasi anggota PPDI yang tunanetra.

"Tapi lawan mainnya yang tunadaksa akan ditutup matanya, supaya tidak ada diskriminasi. Semua dilibatkan dalam perlombaan menyesuaikan kondisi teman-teman. Yang penting semangat teman-teman mengisi kemerdekaan," ujar dia.

Suratno memaparkan, lomba-lomba peringatan kemerdekaan ini baru kali pertama diadakan oleh PPDI. Menurutnya, sebelumnya para anggota merasa malu dan tidak bisa.

Halaman
12
Penulis: Mazka Hauzan Naufal
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved