Breaking News:

Antisipasi Ancaman Resesi, Strategi Ganjar: Stimulus Usaha Mikro-Kecil

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati memperkirakan, ekonomi Indonesia pada kuartal III akan terkontraksi.

Penulis: mamdukh adi priyanto | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/ Mamdukh Adi Priyanto
Gubernur Ganjar menandatangani nota kesepakatan KUA-PPAS APBD Perubahan 2020 bersama DPRD Jateng dalam Rapat Paripurna di Gedung DPRD, Senin (31/8/2020) sore. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG- Jurang resesi semakin nyata di depan mata. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati memperkirakan, ekonomi Indonesia pada kuartal III akan terkontraksi atau minus hingga 2 persen.

Dengan realisasi pertumbuhan ekonomi di kuartal II yang minus 5,32 persen maka Indonesia akan masuk jurang resesi pada kuartal selanjutnya.

Ancaman resesi di tengah masa pandemi Covid-19 terus menghantui perekonomian di Indonesia, tidak terkecuali Jawa Tengah.

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo menyiapkan langkah untuk mendorong bangkitnya ekonomi. Seperti memberikan stimulus untuk usaha mikro kecil dan menengah.

"Proses ekonomi sekarang ini memang sedang goncang dan kita perlu menyiapkan langkah untuk bisa bertahan. Peran pemangku kepentingan, khususnya usaha kecil mikro, saat ini menjadi penting untuk membangkitkan ekonomi," ucapnya dalam keterangan tertulis, Senin (31/8/2020).

Selain itu, ia menjelaskan di Jateng sudah dilakukan pemetaan terkait sektor- sektor yang perlu mendapatkan dorongan dan pertolongan.

Dalam hal Ganjar juga melibatkan para ahli dan pemangku kepentingan untuk menghitung bersama sektor tersebut.

Berdasarkan urutan, sektor tertinggi adalah pariwisata, transportasi, dan perhotelan. Sektor tersebut kemudian berkembang sampai bisnis-bisnis terkait.

"Ini urutannya, nanti sampai kepada bisnis terkait memang perlu mendapatkan rescue. Mudah mudahan nanti kita bisa melalui kesulitan ekonomi ini dengan baik. APBD dan APBN yang kita miliki dikerahkan untuk mendorong ke sana. Sekarang kita harus lebih hati-hati, lebih strategis lagi untuk memilih sektor yang kita bantu," jelasnya.

Terpisah, kepada Tribun Jateng, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Provinsi Jateng, Ema Rachmawati menegaskan sudah banyak stimulus yang diberikan dari pemerintah kepada pelaku UMKM.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved