Breaking News:

Opini

OPINI Djoko Subinarto: Membangun Ekosistem Pilkada Sehat

Politics is a noble activity. We should revalue it, practise it with vocation and a dedication that requires testimony, martyrdom, that is to die for

Editor: Catur waskito Edy
Tribun Jateng
Djoko Subinarto 

Oleh Djoko Subinarto
kolumnis dan bloger

“Politics is a noble activity. We should revalue it, practise it with vocation and a dedication that requires testimony, martyrdom, that is to die for the common good.”
-Jorge Mario Bergoglio

DI tengah pandemi corona (Covid-19), yang belum kita ketahui kapan akan berakhir, hajat akbar demokrasi berupa pemilihan umum kepala daerah (Pilkada) serentak tahun ini bakal tetap digelar. Menurut jadwal, Pilkada digelar pada 9 Desember 2020 mendatang di 270 wilayah, baik provinsi maupun kabupaten/kota.

Pemerintah beralasan bahwa tetap digelarnya Pilkada tahun ini selain untuk memberikan hak kepada masyarakat untuk memiliki pemimpin yang dipilih sendiri secara langsung, juga untuk menghindari adanya penjabat ataupun pelaksana tugas (Plt) kepala daerah.

Tentu saja, kita berharap Pilkada di tengah masih adanya pandemi ini dapat berjalan aman serta lancar, tanpa kendala dan juga tanpa menyisakan riak-riak kegaduhan, baik di level elite maupun di level akar rumput.

Kita berharap pula mereka yang terpilih lewat Pilkada nanti agar mampu berkomitmen untuk mewujudkan pemerintahan yang benar-benar bersih, sebuah pemerintahan yang tegak berdiri hanya untuk mengabdi kepada kepentingan publik, bukan pemerintahan yang sibuk mencari rente dan mengabdi kepada kepentingan segelintir kelompok.

Puncak demokrasi

Pemilihan umum, baik level lokal maupun level nasional, sejatinya adalah puncak pesta demokrasi. Dan sebagai sebuah pesta demokrasi, pemilihan umum mestinya mampu membuat semua rakyat bersuka cita.

Rakyat perlu bersuka cita karena pemilihan umum merupakan pengejewantahan nyata dari kedaulatan di tangan rakyat. Dari rakyat, oleh rakyat dan demi rakyat. Begitulah esensi konsep demokrasi.

Sebagai salah satu bagian dari aktivitas politik, pemilihan umum semestinya pula menjadi wahana bagi proses pendidikan masyarakat sehingga masyarakat menjadi semakin cerdas dan semakin beradab.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved