Breaking News:

Berita Pendidikan

Dua Mahasiswa UKSW Salatiga Lolos Ajang Kompetisi MIPA Nasional

Persiapan yang tergolong tidak lama, sempat membuat mereka tidak yakin bisa lolos ke tahap selanjutnya

Istimewa
Kolase foto Giovanni Robert dan Christian Alvin Susanto mahasiswa UKSW Salatiga lolos kompetisi MIPA Nasional 2020. 

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Dua mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga dinyatakan lolos dalam ajang Kompetisi Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (KN MIPA) Tahun 2020.

Keduanya adalah Giovanni Robert mahasiswa Program studi Kimia Fakultas Sains dan Matematika (FSM) dan Christian Alvin Susanto mahasiswa Program studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Selanjutnya, mereka berhak masuk ke tingkat nasional.

Keduanya lolos setelah mengikuti seleksi yang dilakukan universitas, dan selanjutnya mengikuti KN MIPA tahap II yang dilakukan serentak di 14 LLDIKTI regional pada 4 sampai 7 Agustus lalu.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, kompetisi tahun ini dilakukan secara daring dengan metode Computer Based Test (CBT) di setiap bidang yang dilombakan.

Giovanni dan Christian mengaku senang dengan raihan mereka lolos maju ke tingkat nasional. Persiapan yang tergolong tidak lama, sempat membuat mereka tidak yakin bisa lolos ke tahap selanjutnya.

"Sebelumnya saya tidak berani berharap lolos. Persiapan yang cukup mendadak membuat saya santai saja saat mengerjakan soal-soal yang ada. Ketika mengerjakan tetapi merasa terbebani justru susah akhirnya yang penting saya kerjakan dulu sesuai kemampuan,” kata Giovanni dalam rilis kepada Tribunjateng.com, Rabu (2/9/2020)

Selama melakukan persiapan, mahasiswa kelahiran Semarang ini dibimbing dua dosen UKSW yakni November Rianto Aminu, S.Si., M.Sc dan Risya Pramana Situmorang, M.Pd.

Tidak berbeda jauh, bagi Christian kompetisi ini bukanlah yang pertama. Sebelumnya, Christian mengikuti kompetisi serupa di salah satu perguruan tinggi swasta di Jawa Tengah.

“Tantangan kompetisi yang kali ini saya ikuti mungkin berbeda karena proses penyeleksiannya dilakukan via online. Biasanya kita datang langsung mengerjakan soal-soal disatu ruangan dengan peserta lainnya, kalau yang sekarang seperti mengerjakan tes biasa,” terangnya

Saat ini, baik Giovanni dan Christian tengah melakukan persiapan untuk maju KN MIPA tahap nasional yang rencananya akan diadakan pada 7 sampai 10 September mendatang. Sebagai persiapan, keduanya mencoba untuk lebih mengasah kemampuannya dengan mengevaluasi materi.

“Selain itu juga mempelajari soal-soal tahun sebelumnya, dan juga berdiskusi dengan dosen pembimbing. Bagi saya yang terpenting mencoba memberi yang terbaik, soal nantinya akan seperti apa saya kembalikan lagi kepada Tuhan yang mengatur,” imbuhnya.

Diakui Christian, meskipun pesaing dari perguruan tinggi negeri lainnya cukup berat dan pastinya pada KN MIPA tingkat nasional memiliki tingkat kesulitan dalam mengerjakan soal lebih tinggi, dia optimistis setiap usaha pasti membuahkan hasil yang baik.

Pembantu Rektor III UKSW Bidang Kemahasiswaan UKSW Salatiga Dr. Andeka Rocky Tanaamah mengungkapkan rasa syukurnya karena meskipun dalam kondisi pandemi, mahasiswa UKSW tetap bisa meraih prestasi.

“Bersyukur pastinya karena dalam situasi keterbatasan karena pandemi seperti ini mahasiswa kita tetap berprestasi. Ditahap nasional nanti kami berharap wakil dari UKSW mampu menunjukkan karakter dan juga daya saingnya,” ungkapnya. (ris)

Penulis: M Nafiul Haris
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved