Breaking News:

UNISRI Surakarta

Mahasiswa KKN Unisri Solo Dorong Desa Mandiri

Kami juga sudah menyiapkan berbagai konten potensi desa yang akan diunggah di Youtube untuk membantu promosi dan pemasaran

IST
Sejumlah produk potensial dipajang di sela penarikan mahasiswa KKN Unisri di Desa Plesungan Kecamatan Gondangrejo, Karanganyar, Selasa (1/9/2020). 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Ada banyak hal yang ditinggalkan para mahasiswa Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta yang menjalani kuliah kerja nyata (KKN) di Desa Plesungan, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, bagi warga desa setempat.

Selama 45 hari KKN, 30 mahasiswa dari berbagai program studi itu mendorong masyarakat desa setempat untuk mandiri dengan potensi yang dimiliki.

Kencur herbal (kebal), jagung telur (jalur), cassava bolu (bolu dari telo), adalah beberapa produk unggulan tinggalan para mahasiswa KKN tersebut yang diharapkan terus dikembangkan warga desa setempat.

Semua produk itu dipamerkan dalam expo penarikan mahasiswa KKN di destinasi wisata Sendang Plesungan, Selasa (1/9/2020).

Acara ini dihadiri kepala desa dan perangkat desa setempat selain mahasiswa, dosen tim pendamping lapangan Lukman Hakim dan Siti Supeni serta ketua tim KKN Unisri, Kharis Triyono.

Produk lain buatan para warga desa setempat dengan bimbingan mahasiswa yang ikut ditawarkan adalah hand sanitizer plesungan (handsaples) dan cinderamata berupa lilin aroma terapi dan gantungan kunci resin.

Salah satu mahasiswa KKN, Ifran Gunawan mengatakan jika potensi ekonomi dan potensi wisata Desa Plesungan ini digarap secara benar, tidak kalah dibanding desa-desa lainnya yang sudah mashyur sebelumnya, seperti Desa Wisata Ponggok Klaten.

"Kami juga sudah menyiapkan berbagai konten potensi desa yang akan diunggah di Youtube untuk membantu promosi dan pemasaran," kata dia ketika menyampaikan paparan.

Sekretaris Desa Plesungan, Yulianto berterima kasih dan mengapresiasi atas apa yang telah dilakukan para mahasiswa selama KKN.

Pihaknya mengakui, sebenarnya potensi yang ada di Desa Plesungan cukup banyak tapi belum digarap secara optimal.

Halaman
123
Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved