Breaking News:

Berita Kabupaten Tegal

Ayo Icip Black Garlic, si Hitam Manis Laka-laka Produksi Kelompok Tani Prima Wanita Kab Tegal

Pemasaran pun sudah memanfaatkan teknologi seperti di market place Shopee, Tokopedia, dan lain-lain

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Berawal dari mengikuti pelatihan yang diadakan oleh Bank Indonesia Tegal, Kelompok Wanita Tani (KWT) Prima Wanita, asal Desa Rembul, Kecamatan Bojong, Kabupaten Tegal, berhasil membuat Black Garlic dan variasi lainnya memanfaatkan bawang putih lokal asli daerahnya.

Kelompok Wanita Tani binaan BI yang sudah ada sejak tahun 2013 ini, awalnya memproduksi aneka keripik.

Sedangkan mulai mengikuti pelatihan dari BI dan membuat Black Garlic sejak tahun 2016.

Menurut salah satu Anggota Kelompok Wanita Tani Prima Wanita, Reni Anggraeni, produk-produk yang dihasilkan ada Black Garlic, bawang putih iris kering, dan bawang putih tumbuk (pasta).

Diakui oleh anggota kelompok wanita Tani, keuntungan menjual Black Garlic ini jauh lebih banyak dibandingkan saat mereka menjual keripik.

"Pelatihan pembuatan Black Garlic ini sangat membantu kami, terutama dalam hal perekonomian. Karena katakan dulu kami hanya mengandalkan uang dari jatah suami, kalau sekarang kami juga bisa menghasilkan atau ada pemasukan uang sendiri. Istilahnya "bisa buat jajan anak," ujar Reni, pada Tribunjateng.com, Rabu (2/9/2020) kemarin.

Dikatakan terkait produksi, semisal 1 kilogram bawang putih bonggol bisa menghasilkan 400-500 Black Garlic. Sedangkan untuk 1 kilogram bawang putih tunggal bisa menghasilkan 300-400.

Untuk pemasaran sendiri, sudah sampai keluar Jawa Tengah, seperti Palembang, Bengkulu, Surabaya, Jakarta, Bandung, dan lain-lain. Bahkan ke luar negeri juga sudah pernah yaitu ke Kuwait.

Pemasaran pun sudah memanfaatkan teknologi seperti di market place Shopee, Tokopedia, dan lain-lain.

Tapi diakui oleh anggota, penjualan secara online malah tidak terlalu banyak, masih kalah dengan penjualan langsung di gerai atau via telepon.

Halaman
12
Penulis: Desta Leila Kartika
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved