Breaking News:

Berita Kabupaten Tegal

Tinjau Kesiapan Museum Situs Semedo Kabupaten Tegal, Bupati Umi: Tinggal Penyempurnaan

Museum yang berlokasi di Desa Semedo, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Tegal ini, berdiri di atas lahan seluas 10.582 meter persegi

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Menindaklanjuti rencana pembukaan Museum Situs Semedo pada tahun 2021, Bupati Tegal, Umi Azizah, beserta jajarannya meninjau lokasi untuk mengecek keseluruhan kesiapan, mulai dari area sekitar gedung, dalam gedung, dan sarana prasarana semua tidak luput dari pantauannya, Jumat (4/9/2020).

Museum yang berlokasi di Desa Semedo, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Tegal ini, berdiri di atas lahan seluas 10.582 meter persegi, dan pembangunannya sendiri secara bertahap sejak tahun 2015.

Dalam tinjauannya, Bupati Umi menyempatkan untuk mengecek setiap sudut yang ada di area museum ini.

Meskipun sebagian koleksi fosil belum lengkap, karena memang belum dimasukkan semuanya, tapi menurut Umi secara keseluruhan sudah cukup bagus.

Hanya perlu penyempurnaan lagi yang masih kurang, dan perawatan yang baik oleh pengelola museum.

Mengingat bangunan yang cukup megah ini, berisikan fosil-fosil atau benda yang sangat bermakna bagi bangsa Indonesia, khususnya generasi penerus selanjutnya.

Maka dari itu, Umi berpesan, harus ditata dengan baik, hati-hati, agar nantinya ketika sudah dibuka untuk umum, pengunjung memiliki kesan yang baik, merasa senang, nyaman, betah, rasa ingin tahunya tinggi, bahkan harapannya bisa menyebarluaskan ke masyarakat lainnya untuk berkunjung ke Museum Situs Semedo ini.

"Saya berpesan terutama pada pengelola museum, harus menjaga kebersihan mulai dari pintu masuk, dalam gedung, sampai pintu keluar. Jangan sampai ada sampah atau kotoran yang mengganggu, apalagi ada bau yang tidak sedap sehingga membuat pengunjung tidak nyaman," pesan Umi, pada Tribunjateng.com, Jumat (4/9/2020).

Ditanya mengenai peran pemerintah Kabupaten Tegal untuk pembangunan museum Semedo ini, Bupati Umi menjelaskan, pihak Pemkab Tegal sudah mulai berproses sejak awal situs ini ditemukan yaitu sekitar tahun 2012.

Namun baru diamanahkan ke Bupati Umi yang saat itu bergerak bersama pak Entus pada tahun 2014.

Halaman
12
Penulis: Desta Leila Kartika
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved