Breaking News:

Berita Kota Tegal

Wawali Tegal Jumadi Studi Banding Alat Smart Water di PDAM Tanggerang

Tetapi dalam pembacaan volume air yang terpakai dapat dipantau langsung real time melalui smartphone

TribunJateng.com/Fajar Bahruddin Achmad
Wakil Wali Kota Tegal Muhamad Jumadi dan rombongan melihat uji coba alat smart water di PDAM Tirta Benteng, Tanggerang, Kamis (3/9/2020) 

TRIBUNJATENG.COM, TEGAL- Wakil Wali Kota Tegal Muhamad Jumadi bersama Direktur PDAM Kota Tegal Hasan Suhandi, melakukan studi banding alat smart water yang sedang diujicobakan di saluran air pelanggan PDAM Tirta Benteng, Tanggerang, Kamis (3/9/2020).

Kedatangan Jumadi disambut oleh Direktur Utama PT Alita Praya Mitra (supplier alat smart water meter), Teguh Prasetya dan Direktur PDAM Tirta Benteng Kota Tanggerang, Sumarya.

Teguh menjelaskan, smart water mater adalah teknologi terkini dalam membaca meteran atau penggunaan air oleh pelanggan.

Cara kerjanya dipasang di jaringan pipa sebagaimana biasanya.

Tetapi dalam pembacaan volume air yang terpakai dapat dipantau langsung real time melalui smartphone.

"Jadi dengan smart water meter, kita bisa mengetahui secara realtime berapa penggunaan air oleh pengguna. Kedepan juga akan dikembangkan bagaimana alat tersebut bisa menjadi alat prabayar sehingga PDAM tidak perlu menagih pembayaran di akhir bulan tetapi pelanggan membeli air sesuai dengan paket yang ada seperti halnya pulsa listrik," jelas Teguh dalam rilis yang diterima tribunjateng.com.

Wakil Wali Kota Tegal, Muhamad Jumadi mengatakan, terkait penggunaan smart water meter yang diujicobakan di pelanggan PDAM Tirta Benteng juga dijadikan sarana untuk melihat bagaimana PDAM Tirta Benteng ini bisa menerapkan smart meter reading.

Artinya bisa mempermudah dalam membantu kinerja PDAM.

Kelebihan yang dimiliki oleh PDAM Tirta Benteng adalah dalam pembagian zona dimana salah satu zona dari tiga zona wilayah pelanggannya dikelola oleh pihak swasta

"Kota Tangerang ini ada tiga zonasi yang mana satu zonasi khusus investasi dikelola oleh pihak lain atau swasta selama 25 tahun dan hasilnya sangat luar biasa. Hal tersebut menjadikan PDAM Tirta Benteng ini bisa melayani masyarakat sekaligus menguntungkan. Mungkin ini yang bisa kita contek, kita bisa pelajari dari Tanggerang sekaligus bagaimana sinergi kolaborasinya antara PDAM dengan pemerintah kota Tangerang itu sendiri," ungkapnya.

Halaman
12
Penulis: Fajar Bahruddin Achmad
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved