Breaking News:

Unik, Di Temanggung Ada Mie Mangap dan Bakso Jimat

Unik, Di Temanggung Ada Mie Mangap dan Bakso Jimat, lokasi di belakang kantor Samsat dekat terminal Madureso.

tribunjateng/mahasiswa UIN Magang
Unik, Di Temanggung Ada Mie Mangap dan Bakso Jimat, lokasi di belakang kantor Samsat dekat terminal Madureso. 

TRIBUNJATENG.COM, TEMANGGUNG - Mendengar nama Mie Level, biasa orang membayangkan mi sangat pedas dalam piring atau mangkuk. Namun di Kabupaten Temanggung, terdapat sebuah kedai yang menyajikan mie (mi) secara unik.

Namanya adalah Mie Mangap Dan Bakso Jimat, terdengar ekstrem dan lucu kan. JIMAT? Mendengar kata ini, sebagian orang menganggapnya mistis. Padahal, tidak sama sekali. Jimat murni bakso bakar, dengan harga per biji Rp 500.

"Itulah kenapa disebut jimat. Sebuah akronim yang artinya: siji (satu) mangatus (Rp 500). Jadi, disingkat jimat," kata Tommy Fausi (35), pemilik usaha Mie Mangap dan Bakso Jimat, Selasa, 25 Agustus silam.

Unik, Di Temanggung Ada Mie Mangap dan Bakso Jimat, lokasi di belakang kantor Samsat dekat terminal  Madureso.
Unik, Di Temanggung Ada Mie Mangap dan Bakso Jimat, lokasi di belakang kantor Samsat dekat terminal Madureso. (tribunjateng/mahasiswa UIN Magang)

Sedangkan Mie Mangap, idenya bermula karena setelah pengunjung menyantap menu ini, bakal membuat mulutnya jadi mangap. "Bakso bakar atau Bakso Jimat, disajikan dengan beberapa level pedas yang bisa dipilih. Bakso bakar yang legit dan panas, membuat cita rasa bakso semakin lezat. Baksonya hasil olahan sendiri. Dagingnya juga fresh”," terang Tommy.

Tommy mengatakan, mienya diproduksi sendiri, tanpa bahan pengawet. Juga tanpa bahan pengenyal.
Mie disajikan di atas penggorengan atau wajan dengan berbagai pilihan. Ukuran: S,M, L dan XL untuk menentukan besaran porsi pesanan.

Aneka topping pun bisa dipilih. Seperti mie toping keju mozzarella, mie toping telur, mie toping bakso, mie topping ceker ayam, dan masih banyak pilihan menarik lainnya. Tentu masih dengan level pedas yang bisa dipilih.

Kedai yang berada di ruko Jalan Tentara Pelajar, Belakang Kantor Samsat Kabupaten Temanggung, ini hampir tiap hari ramai pembeli. Karena banyak peminat, Tommy sudah buka cabang di Magelang Selatan, di jalan Sultan Agung nomor 8 Jurangombo Selatan. "Meski saat ini masih pandemi, usaha kami tetap berjalan walaupun tak seramai dulu," terangnya.

Untuk ke lokasi tersebut, tidak sulit dan dekat Terminal Madureso. Dari arah terminal, tinggal lurus saja. Dibutuhkan waktu sekitar 10 menit untuk mencapainya. (Mahasisiwa UIN Walisongo Magang Jurnalistik di Tribunjateng.com/Mega Yunira, Peni Dwiyanti)

Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved