Breaking News:

Berita Pati

Wabup Pati Safin Hadiri Panen Raya Kacang Tanah di Dukuhseti

Wakil Bupati Pati Saiful Arifin menghadiri pembukaan panen raya kacang tanah di Desa/Kecamatan Dukuhseti, Senin (7/9/2020).

TRIBUN JATENG/MAZKA HAUZAN NAUFAL
Wakil Bupati Pati Saiful Arifin menghadiri pembukaan panen raya kacang tanah di Desa/Kecamatan Dukuhseti, Senin (7/9/2020). 

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Wakil Bupati Pati Saiful Arifin menghadiri pembukaan panen raya kacang tanah di Desa/Kecamatan Dukuhseti, Senin (7/9/2020).

Seremoni pembukaan panen raya dilakukan di sawah milik Abbas Muammar.

Panen raya ini merupakan hasil dari program pengembangan budi daya kacang tanah yang merupakan kemitraan Garudafood-Tanihub dan didukung koperasi Haraka-Agromina.

Saiful Arifin berharap, pendampingan untuk petani seperti di Dukuhseti ini perlu dikuatkan.

“Petani perlu pendampingan. Selain itu tentunya perlu ada jaminan pembelian, off-takernya mesti jelas supaya petani saat panen raya tidak terombang-ambing masalah harga oleh tengkulak,” ungkap pria yang akrab disapa Safin ini.

Ia mengatakan, perusahaan perlu menjamin harga yang patut dan layak supaya menjadikan petani sejahtera.

Safin berharap, produksi kacang tanah petani lokal bisa ditingkatkan supaya impor kacang tanah bisa ditekan seminimal mungkin.

“Memang tadi disampaikan, (hasil produksi) kita belum ada 10 persen dari (kebutuhan) suplai bahan baku ke Garudafood. Namun, mudah-mudahan kita tidak hanya mengandalkan impor,” kata dia.

Menurut Safin, agar petani lokal bisa meningkatkan daya saing, diperlukan mekanisasi atau modernisasi pertanian. Petani harus memiliki alat-alat yang bisa menghemat biaya produksi.

Sementara, Kepala Desa Dukuhseti Ahmad Rifai mengatakan, program pengembangan budi daya kacang tanah ini merupakan wujud pengembangan produksi pangan yang ada di wilayahnya.

“Kami selaku pemerintah desa mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak yang telah memberi pendampingan pada warga kami.

Semoga dengan adanya bimbingan dan arahan, masyarakat kami bisa mengelola lahan dengan lebih baik sehingga menghasilkan produk pertanian yang baik pula,” tandas dia. (Mazka Hauzan Naufal)

Penulis: Mazka Hauzan Naufal
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved