Breaking News:

UNS Surakarta

Grup Riset Farmasi UNS Solo Dirikan Pharmacy Corner di Tamcer Jebres

dibutuhkan edukasi dan pemaparan informasi sejak dini kepada masyarakat perihal obat serta penggunaannya.

IST
Grup Riset Farmasi UNS Dirikan Pharmacy Corner di Tamcer Jebres 

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) telah mencanangkan program DAGUSIBU (Dapatkan, Gunakan, Simpan, dan Buang) Obat sebagai bentuk edukasi yang harus diberikan apoteker kepada pasien atau masyarakat.

Namun, masih banyak masyarakat yang belum memahami betul penggunaan obat dengan baik dan benar.

Oleh karenanya, dibutuhkan edukasi dan pemaparan informasi sejak dini kepada masyarakat perihal obat serta penggunaannya.

Grup Riset Metabolic Disorders Program Studi (Prodi) S1 Farmasi Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta pun mengambil bagian dalam upaya edukasi tersebut dengan mendirikan Pharmacy Corner atau Pojok Farmasi di Taman Cerdas Soekarno-Hatta Jebres (TCSHJ), Surakarta sejak akhir Agustus 2020 lalu.

Bertajuk “Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat melalui Pharmacy Corner di Taman Cerdas Soekarno Hatta” dan diketuai oleh Yeni Farida, S.Farm., M.Sc., Apt, pengabdian ini memiliki serangkaian kegiatan.

Salah satu yang telah terlaksana ialah pengenalan penggolongan obat dan obat dasar yang harus tersedia di rumah sebagai Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (P3K).

“Hal ini dianggap sebagai topik penting oleh tim, mengingat rendahnya pengetahuan masyarakat tentang penggunaan obat terutama saat kondisi darurat sebagai pertolongan pertama di rumah,” ujar Yeni, Sabtu (5/9/2020).

Tim yang beranggotakan Rasmaya Niruri S.Si., M. Farm.Klin, Adi Yugatama S.Farm., M.Sc., Apt, dan Fea Prihapsara S.Farm., M.Sc. sesama Dosen Farmasi UNS serta Siti Mar’ufah dari Fakultas Kedokteran (FK) ini, juga menyusun media edukasi dalam bentuk komik atau buku cerita anak dan video kartun animasi.

Komik tersebut mengangkat cerita tentang apoteker kecil yang bertujuan untuk mengenalkan profesi apoteker kepada masyarakat, khususnya anak-anak.

Terutama ketika apoteker memberikan edukasi seputar penggunaan obat. Selain itu, video kartun animasi mengangkat cerita serupa dari salah satu bagian cerita dalam komik.

Halaman
12
Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved