Breaking News:

Guru dan Siswa di Purbalingga Dapat Pulsa Gratis Untuk PJJ, Tak Bisa untuk Bermain Game Online

Peserta didik maupun guru di Kabupaten Purbalingga memperoleh pulsa internet gratis dari pemerintah.

Penulis: rahdyan trijoko pamungkas | Editor: sujarwo
Isti/Dinkominfo Kabupaten Purbalingga
PT XL Axiata paparkan penggunaan kuota internet gratis untuk siswa dan guru di pendapa Dipokusumo pada Selasa (7/9/2020). 

TRIBUNBANYUMAS.COM. PURBALINGGA - Peserta didik maupun guru di Kabupaten Purbalingga memperoleh pulsa internet gratis dari pemerintah untuk menunjang kegiatan belajar mengajar melalui daring.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Purbalingga, R. Imam Wahyudi mengatakan kuota gratis diberikan oleh perusahaan operator jaringan PT XL Axiata.

Kuota gratis yang diberikan berkapasitas 30 GB. Pemberian kuota gratis tersebut hasi MoU antara Kementerian pendidikan dan XL Axiata, serta kementerian Agama.

"Pemberian kuota itu untuk lembaga pendidikan di bawah Kementerian Pendidikan, dan pemerintah daerah. Kemudian lembaga pendidikan di Kementerian agama. Jadi nanti yang mendapat guru dan siswanya," jelasnya, saat dihubungi tribunbanyumas.com, Selasa (8/9/2020).

Menurutnya, adapun persyaratan siswa yang mendapat bantuan kuota yakni terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik).Bantuan kuota hanya bisa digunakan untuk kegiatan belajar mengajar dan tidak bisa digunakan untuk bermain game.

" Sebelum ada bantuan gratis terdapat keluhan terkait layanan internet. Karena tidak seluruhnya terjangkau internet. Selain itu ada beberapa siswa tidak memiliki ponsel," tutur dia.

Ia menuturkan pemerintah kabupaten Purbalingga juga mengeluarkan kebijakan bagi siswa yang tidak bisa melakukan pembelajaran daring, guru dapat mendatangi siswa namun tidak berkerumun.

Kebijakan tersebut saat ini dilakukan guru-guru sekolah untuk melakukan home visit (kunjungan) di rumah siswa.

" Jadi guru tetap mendatangi rumah siswa. Selain itu juga ada pertemuan tatap muka namun jumlahnya dibatasi," ujar dia.

Sementara itu, Head of Sales area Banyumas Raya XL Axiata, Eka Dwidasa Kornia mengatakan PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) telah menyalurkan 180.000 paket internet gratis khusus bagi pelajar di kawasan Banyumas Raya dan sekitarnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved