Breaking News:

Temukan Pembelajaran Model SCMBBK, Agus Wismanto Sukses Raih Gelar Doktor

Menulis berita sebagai pengetahuan dasar jurnalistik merupakan kebutuhan bagi mahasiswa, khususnya mahasiswa PBSI.

Istimewa
Agus Wismanto ketika ujian disertasi di hadapan penguji secara daring, Selasa (8/9) di gedung kampus IV UPGRIS melalui aplikasi Zoom. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Menulis berita sebagai pengetahuan dasar jurnalistik merupakan kebutuhan bagi mahasiswa, khususnya mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Prodi PBSI).

Kemampuan menulis berita yang dimaksud adalah mahasiswa mampu menghasilkan tulisan yang berisi berita atau peristiwa yang diamati dan dialami secara langsung dalam realitas sosial.

Hal itu yang melatarbelakangi disertasi Agus wismanto di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Dalam tujuan penelitian yang diajukan yakni menghasilkan model pembelajaran menulis berita berbasis pendekatan kontekstual bagi mahasiswa Prodi PBSI.

Selain itu, mendeskripsikan kelayakan model pembelajaran menulis berita berbasis pendekatan kontekstual bagi mahasiswa Prodi PBSI.

Serta, mengetahui keefektifan model pembelajaran menulis berita berbasis pendekatan kontekstual bagi mahasiswa Prodi PBSI.

Di hadapan Prof Dr Margana (Ketua/Penguji), Prof Dr. Suhardi (Sekretaris/ Penguji), Prof Dr Haryadi (Promotor 1/Penguji), Dr. Kastam Syamsi (Promotor 2/Penguji), serta Dr. Andoyo Sastromiharjo (Penguji 1) Agus Wismanto sukses mempertahankan disertasi di hadapan penguji secara daring, Selasa (8/9) di gedung kampus IV UPGRIS melalui aplikasi Zoom.

Dia menuturkan, penelitian ini merupakan research and development yang mengikuti prosedur pengembangan Borg & Gall.

"Data yang dikumpulkan berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data yang dikumpulkan, antara lain: data survei analisis kebutuhan dengan angket, wawancara, dan observasi; data kelayakan model pembelajaran dengan instrumen penilaian; data keterlaksanaan model pembelajaran dengan lembar observasi; dan data keefektifan model pembelajaran dengan lembar observasi, angket, dan tes unjuk kerja menulis berita. Data dianalisis secara deskriptif dan statistik inferensial," ungkap Agus.

Hadir pada ujian terbuka Agus Wismanto, Ketua YPLP PT PGRI Semarang Dr Bunyamin, Rektor UPGRIS Dr Muhdi, Dekan FPBS UPGRIS Dr Asropah, serta pejabat strukural lainya.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Sholekan
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved