Breaking News:

Berita Tegal

Hukuman untuk Warga Tegal yang Langgar Protokol Kesehatan, dari Membersihkan Fasum hingga Denda Uang

Menindaklanjuti terus bertambahnya penyebaran kasus Covid-19 di Kabupaten Tegal yang sesuai update terakhir sebanyak 107 kasus, Bupati Tegal Umi Aziza

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Menindaklanjuti terus bertambahnya penyebaran kasus Covid-19 di Kabupaten Tegal yang sesuai update terakhir sebanyak 107 kasus, Bupati Tegal Umi Azizah, beserta Forkompinda mulai merancang ulang Perbup no 35 tahun 2020 yaitu tentang sanksi bagi pelanggar protokol kesehatan yang sebelumnya tidak dikenakan sanksi denda, saat ini akan mulai diterapkan sanksi denda dengan nominal yang sudah disepakati.

Adapun Perbup yang akan diterbitkan nanti, menurut Bupati Umi, merupakan tindak lanjut dari Inpres no 6 tahun 2020 mengenai penerapan sanksi administratif, yang pada Perbup sebelumnya no 35 tahun 2020 belum dimasukan sanksi denda.

Hal tersebut disampaikan Bupati Tegal, Umi Azizah, dalam acara konferensi pers yang mengusung tema "Peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan, dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19 di Kabupaten Tegal," Rabu (9/9/2020) di Co-Working Space Trasa.

Dijelaskan, dalam penerapan Sanksi Denda nantinya akan dibagi menjadi dua kategori, yaitu sanksi terhadap perorangan dan sanksi bagi pelaku usaha, pengelola, maupun penyelenggara atau penanggungjawab tempat, serta fasilitas umum.

Untuk sanksi perorangan, pertama diberikan sanksi teguran lisan dan tertulis.

Setelah itu dikenakan sanksi pengucapan atau hafalan Pancasila, menyanyikan lagu nasional, hafalan nama-nama presiden, dan tokoh perjuangan RI.

Sedangkan sanksi ketiga yaitu kerja sosial, bisa membersihkan sarana fasilitas umum dengan menggunakan perlengkapan kerja dan memakai rompi.

Memberikan amal sedekah berupa uang kepada kaum duafa atau yang membutuhkan di lingkungan sekitar.

Untuk sanksi keempat yaitu sanksi administrasi, antara perorangan dan pelaku usaha berbeda jumlah nominal dendanya.

"Sanksi pelanggar protokol kesehatan keempat yaitu sanksi administrasi atau denda, untuk yang perorangan dendanya Rp 10 ribu.

Halaman
123
Penulis: Desta Leila Kartika
Editor: muh radlis
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved