Breaking News:

Pertamina

Pertamina Salurkan Rp 13 Miliar untuk UMKM di Jateng dan DIY Melalui Program Kemitraan

Pertamina memberikan bantuan kemitraan terhadap pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) khususnya di wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta.

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Melalui Program Kemitraan yang diamanatkan Kementerian BUMN dalam Peraturan Menteri BUMN PER-02/MBU/04/2020 tanggal 2 April 2020 tentang PKBL, PT Pertamina (Persero) sebagai salah satu BUMN turut merealisasikan program tersebut.

Pertamina memberikan bantuan kemitraan terhadap pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) khususnya di wilayah Marketing Operation Region IV (MOR IV) Jawa Tengah dan DI Yogyakarta.

Hingga Agustus 2020, Pertamina MOR IV berhasil merealisasikan Program Kemitraan kepada UMKM Rp. 13.130.000.000 dan menargetkan realisasi penyaluran sebesar Rp 18 miliar hingga akhir tahun.

Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR IV, Anna Yudhiastuti, mengatakan program kemitraan yang dilaksanakan oleh seluruh BUMN bertujuan untuk meningkatkan kemandirian dan pengembangan usaha para pelaku UMKM.

“Sejak Januari hingga Agustus 2020 telah bergabung sebanyak 174 mitra binaan UMKM dengan Program Kemitraan Pertamina khusus wilayah Jateng dan DIY,” ucap Anna kepada Tribun Jateng dalam kegiatan Mitra Binaan Pertamina MOR IV, Rabu (9/9/2020).

Selain membantu meningkatkan kemandirian dan pengembangan usaha, program kemitraan diselenggarakan sebagai upaya merangkul pelaku UMKM terutama yang sulit mendapatkan akses ke perbankan (non bankable).

“Seluruh BUMN ditugaskan oleh kementerian BUMN untuk membantu para pelaku UMKM yang kesulitan tersebut sehingga kemandirian ekonomi dapat tercapai,” tambah Anna.

Adapun nilai permodalan yang bisa didapatkan oleh calon mitra binaan atau peserta program kemitraan senilai maksimal Rp 200 juta dengan tenor maksimal tiga tahun.

Sementara jasa administrasi dari permodalan tersebut sebesar 3 persen per tahun dan menurun mengikuti sisa pinjaman.

Sedangkan sektor usaha program kemitraan mencakup sektor perkebunan, pertanian, jasa, perdagangan, perikanan, dan lainnya.

Halaman
12
Penulis: Ruth Novita Lusiani
Editor: abduh imanulhaq
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved