Breaking News:

Stikes Telogorejo Semarang

Selalu Waspada, Ibu Hamil di Tengah Masa Pandemi Covid-19

KEHAMILAN di tengah masa pandemi Covid-19 tentu memberikan kekhawatiran bagi sebagian besar calon ibu.

freepik
Ilustrasi Hamil 

Oleh: Rinda Intan Sari
Dosen Stikes Telogorejo Semarang

KEHAMILAN di tengah masa pandemi Covid-19 tentu memberikan kekhawatiran bagi sebagian besar calon ibu. Namun tidak selamanya hal ini menjadi buruk karena semakin khawatir, ibu akan semakin waspada.

Ibu hamil juga dituntut untuk lebih ketat menjaga kehamilannya agar tetap aman di masa pandemik ini. Ibu harus mematuhi protocol kesehatan yang ada.

Dalam menerapkan protokol kesehatan Covid-19 khusus ibu hamil yakni mencuci tangan, menggunakan masker, hindari menyentuh hidung, mata, dan mulut, terapkan etika batuk yang tepat serta menjaga jarak. Selain itu, asupan gizi ibu hamil juga harus terpenuhi. Mulai dari kebutuhan karbohidrat, lemak, serat, vitamin, mineral, dan air putih. Ibu hamil akan lebih sering buang air kecil, oleh sebab itu harus banyak minum untuk menghindari dehidrasi.

Tidak hanya itu saja, olahraga ringan yang rutin juga perlu dilakukan ibu hamil karena bermanfaat untuk meningkatkan sirkulasi darah. Sehingga tubuh menjadi lebih segar dan fit.

Ada beragam olahraga yang bisa dilakukan ibu hamil di antaranya berenang, yoga, senam hamil, jalan pagi. Tentu disesuaikan dengan kondisi saat ini. Apabila memiliki kolam renang sendiri tentu hal ini disarankan, namun apabila tidak mempunyai fasilitas sendiri cukup jalan pagi di sekitar rumah dan tetap menggunakan protokol kesehatan.

Selain itu, ibu hamil harus mempunyai istirahat yang cukup. Banyak ibu hamil kurang istirahat karena melihat medsos dan tidur terlalu malam.

Penggunaan media online tidak hanya digunakan untuk media sosial saja namun media komunikasi dengan dokter, khususnya bagi ibu hamil. Pada masa pandemi ini ibu hamil disarankan untuk menghindari datang langsung ke fasilitas kesehatan apabila tidak ada keluhan atau tanda gejala yang membahayakan.

Bila ada yang ingin ditanyakan ke dokter, ibu hamil bisa memanfaatkan fasilitas konsultasi online dengan dokter kandungan. Semisal melalui aplikasi yang sudah ada baik di android maupun iOS antara lain Alodokter dan Halodoc. Dapat juga langsung berkonsultasi ke nomor telepon masing-masing dokter keluarga. Ibu hamil juga bisa mengikuti kelas kehamilan online yang mengajarkan cara menjaga dan mengawasi kehamilan secara mandiri di rumah. (*)

Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved