Breaking News:

Berita Video

Video 16 Bakal Paslon Kepala Daerah di Jateng Ikuti Tes Kesehatan

16 pasang balon Kepala Daerah dari 7 kabupaten/kota di Jateng menjalani tes kesehatan di RSUP Dr Kariadi pada Selasa.

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Berikut ini video 16 bakal paslon kepala daerah di Jateng ikuti tes kesehatan.

Sebanyak 16 pasang Bakal Calon Kepala Daerah dari 7 Kabupaten/Kota di Jawa tengah menjalani tes kesehatan di RSUP Dr Kariadi pada Selasa (8/9). Para Calon kepala daerah itu menjalani serangkaian tes kesehatan seperti tes kesehatan jasmani, tes kesehatan rohani atau kejiwaan dan tes narkotika.

Humas RSUP dr Kariadi, Parna mengatakan sebenarnya pihaknya melakukan pemeriksaan terhadap bakal pasangan calon kepala daerah dari 7 Kota Kabupaten. Yakni Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Kabupaten Kendal, Kabupaten Rembang, Kota Pekalongan, Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Demak, dan Kabupaten Pemalang. Namun bakal pasangan calon kepala daerah dari Kota Semarang belum bisa mengikuti tes kesehatan pada hari ini.

"Semua kota dan kabupaten hadir dalam pelaksanaan tes kesehatan ini. Sedangkan Kota Semarang hari ini belum ada yang datang untuk melaksanakan kesehatan," katanya.

Ia mengatakan bahwa KPU saat ini telah melakukan perpanjangan pendaftaran calon kepala daerah Kota Semarang. Selanjutnya pemeriksaan kesehatan bagi bakal calon kepala daerah Kota Semarang akan segera dilakukan setelah pendaftaran tersebut ditutup. Ia menambahkan pemeriksaan kesehatan bakal calon kepala daerah Kota Semarang akan dilakukan pada tanggal 14 September 2020.

"Kami sudah melakukan rapat dengan KPU, kalau sampai tanggal 10 tidak ada pasangan calon lagi yang mendaftar maka akan dilakukan perpanjangan 3 hari. Jika sampai tidak ada lagi maka KPU akan mengeluarkan surat bahwa di Kota Semarang hanya ada satu pasangan calon," katanya.

Parna menambahkan untuk pemeriksaan kesehatan hari ini, pihaknya menargetkan seluruh rangkaian pemeriksaan dapat selesai pada hari itu juga. Sehingga hari esoknya tidak ada lagi pemeriksaan lagi. Ia mengatakan bahwa pemeriksaan maksimal rampung pada pukul 19.00.

"Tes kesehatan yang dijalani yakni berupa general check up meliputi penyakit dalam, mata, gigi, dan kesehatan jantung. Selanjutnya pemeriksaan narkotika serta pemeriksaan Psikologi para Calon Kepala Daerah dari Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi)," tuturnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Pekalongan yang Abi Rizal yang kala itu ikut mendampingi proses pemeriksaan kesehatan Bakal Calon Kepala Daerah Kabupaten Pekalongan mengatakan bahwa di Kabupaten Pekalongan ada dua pasang calon yang mendaftar. Yakni Asip Kholibihi-Sumarwati dan Fadia A Rafiq - Riswadi.

"Belum ada regulasi jika nantinya dalam tes kesehatan ini ada pasangan calon yang tidak memenuhi syarat apakah nantinya akan dilakukan pendaftaran lagi ataupun menetapkan pasangan calon yang memenuhi syarat kesehatan ini," pungkasnya. (*)

TONTON JUGA DAN SUBSCRIBE:

Penulis: Dhian Adi Putranto
Editor: abduh imanulhaq
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved