Breaking News:

APBD Perubahan 2020 Ditetapkan, Jateng Fokus Bangkitkan Ekonomi Imbas Pandemi

DPRD dan Pemprov Jateng menetapkan rancangan peraturan daerah (raperda) tentang APBD Perubahan (APBD-P) 2020.

Istimewa
Gubernur Ganjar (kiri) menandatangani nota kesepakatan rancangan APBD Perubahan Provinsi Jateng dengan disaksikan Ketua DPRD Jateng, Bambang Kusriyanto (kanan) dan Wakil Ketua DPRD, Sukirman (kedua kanan). 

TRIBUNJATENG.COM,SEMARANG - DPRD dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menetapkan rancangan peraturan daerah (raperda) tentang APBD Perubahan (APBD-P) 2020 saat Rapat Paripurna, Jumat (11/9/2020).

Arah kebijakan pada APBD-P berfokus pada upaya pemerintah menggeliatkan perekonomian yang terburuk imbas pandemi corona.

"Apakah rancangan keputusan tersebut dapat disetujui?," kata Ketua DPRD Jateng, Bambang Kusriyanto, selaku pemimpin rapat.

Jawaban 'setuju' dilontarkan sejumlah anggota dewan yang hadir di ruangan rapat paripurna dan yang hadir secara virtual.

Rancangan APBD-P Provinsi Jateng 2020 meliputi Pendapatan Daerah Rp 26,20 triliun, Belanja Daerah Rp 27,32 triliun dengan Defisit Rp 1,11 triliun.

Kemudian, Pembiayaan Daerah Rp 1,11 triliun sehingga Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (SiLPA) sama dengan nol atau nihil.

Pendapatan Daerah terdiri dari pendapatan asli daerah (PAD) sebanyak Rp 14,23 trilun, kemudian dana perimbangan sejumlah Rp 11,88 triliun, dan pendapatan lain-lain yang sah Rp 91,86 miliar.

Sementara, Total Belanja terdiri dari Belanja Tidak Langsung sebesar Rp 20,88 triliun dan Belanja Langsung Rp 6,42 triliun.

Dalam kerangka anggaran tersebut, terdapat tambahan untuk belanja langsung sebanyak Rp 19, 37 miliar. Anggaran tersebut diperuntukan antara lain untuk dinas yang membidangi pertanian, perkebunan, peternakan, dan perikanan.

Tak dipungkiri, sektor tersebut memiliki tren positif dibandingkan sektor lain yang tumbuh minus. Ini dinilai bisa jadi tumpuan perekonomian di Jawa Tengah.

Halaman
12
Penulis: mamdukh adi priyanto
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved