Breaking News:

Berita Jateng

Dewan Nilai Perusahaan Daerah Air Bersih Jawa Tengah Perlu Ubah Status Jadi PT

Hendri menilai banyak faktor yang diidentifikasi mempengaruhi kinerja perusahaan daerah sehingga tidak optimal

Istimewa
Sekretaris Komisi C DPRD Jateng dari Fraksi PKB, M Hendri Wicaksono (tengah). 

TRIBUNJATENG.COM,SEMARANG - Anggota DPRD Jawa Tengah meminta ada perubahan status Perusahaan Daerah Air Bersih (PDAB) Tirta Utama Jawa Tengah menjadi Perseroan Terbatas (PT).

Sekretaris Komisi C DPRD Jateng, M Hendri Wicaksono, menyatakan perubahan status badan hukum diperlukan untuk memaksimalkan peran dan posisi perusahaan tersebut.

"Perubahan status ini untuk meningkatkan kapasitas faktor yang mempengaruhi kinerja. Mulai menyangkut fungsi perusahaan, struktur dan bentuk organisasi, sumber daya manusia (SDM), serta manajemen yang terkait dengan satu sama lain dan saling mempengaruhi," kata Hendri dalam keterangannya, Jumat (11/9/2020).

Anggota Fraksi PKB DPRD Jateng ini menuturkan, ada beberapa Perusahaan Daerah (PD) telah lama menunjukkan kinerja keuangan yang rendah atau dengan kata lain belum optimal.

Hendri menilai banyak faktor yang diidentifikasi mempengaruhi kinerja perusahaan daerah sehingga tidak optimal. Satu di antaranya yakni bentuk badan hukum.

Perubahan status tersebut dikatakan bisa menjadi pemicu direksi untuk lebih semangat lagi dalam bekerja dan menunjukan kinerja yang semakin baik.

PDAB didasarkan Peraturan Daerah Provinsi Jawa Tengah Nomor 7 tahun 2012 tentang Perusahaan Daerah Air Bersih Tirta Utama Provinsi Jawa Tengah, didirikan dengan tujuan untuk mewujudkan pelayanan air bersih bagi masyarakat Jawa Tengah melalui pengembangan sistem penyediaan air minum (SPAM) kawasan regional.

"Seiring dengan kebutuhan masyarakat terhadap air yang semakin meningkat, maka keberadaan Perusahaan Daerah Air Bersih dituntut semakin lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," jelasnya.

Menurutnya, peran PDAB perlu ditingkatkan dari sisi profesionalisme, pelayanan, dan kapasitas produksi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Jawa Tengah akan air minum dan air bersih.

"Serta untuk memberikan kontribusi kemajuan daerah yaitu peningkatan pembangunan dan perekonomian serta pendapatan asli daerah," imbuh legislator dari daerah pemilihan Temanggung, Wonosobo dan Purworejo ini.

Perubahan staus bentuk badan hukum merupakan satu alternatif yang signifikan untuk menjawab tuntutan tersebut agar lebih memberikan nilai kemanfaatan dan pelayanan yang maksimal dan lebih profesional.

"Kami rasa akan meningkatkan upaya secara maksimal terkait fungsi, visi, dan misi serta strategi perusahaan yang lebih baik," Hendri menambahkan.(mam)

Penulis: mamdukh adi priyanto
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved