Breaking News:

Serikat Tani Kota Semarang Panen Raya, Cornel: Mari Ubah Lahan Tak Produktif Jadi Menghasilkan

Serikat Tani Kota Semarang (STKS) selama pandemi virus Corona terus berupaya melakukan penanam di lahan tidak produktif.

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Serikat Tani Kota Semarang (STKS) selama pandemi virus Corona terus berupaya melakukan penanam di lahan tidak produktif di Kota Semarang.

Kegiatan itu sudah menampakan hasil dengan dipanennya beberapa jenis tanaman yang ditanam.

Beberapa tanaman yang dipanen berupa kacang tanah, kacang panjang, labu, terong, singkong, cabai dan lainnya.

"Kami sudah beberapa kali panen, hasilnya telah kami bagikan ke warga di sekitar lahan," ujar Humas Serikat Tani Kota Semarang Cornel Gea, Jumat (11/9/2020).

Setelah berhasil mengolah beberapa lahan tak produktif di Semarang, kini STKS terus memantik semangat kelompok masyarakat lainnya untuk menanam.

Dijelaskan Cornel, kegiatan STKS yang menggagas menanam di lahan perkotaan diharapkan dilakukan juga oleh kelompok lain baik di Kota Semarang maupun di Kota lainnya.

Lantaran kegiatan ini memiliki berbagai manfaat terutama di masa pandemi sekaligus mampu memberikan solusi krisis pangan yang mungkin saja terjadi imbas dari pandemi.

"Kami sejauh ini sudah membagikan pengalaman kami ke kelompok masyarakat yang memiliki semangat menanam seperti dari Ngaliyan, Ungaran, Bawen dan lainnya."

Kami terbuka ke pihak manapun untuk saling sharing pengalaman, berbagi bibit atau lainnya sebab kerja seperti ini modal paling banyak berupa solidaritas," paparnya.

Cornel menambahkan, sejauh ini STKS telah menanam empat lahan masing-masing dua lahan di Tembalang dan dua di Gunungpati.

"Warga sekitar sangat open terhadap kami sebab banyak memiliki manfaat di antaranya lahan jadi produktif, lahan kosong menjadi lebih bersih dan menunjang sektor pangan," imbuhnya. (*)

Penulis: iwan Arifianto
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved