Breaking News:

Dua Pasangan Balon Bupati Semarang 2020 Dinyatakan Lolos Tes Kesehatan

Balon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Semarang Bison dan Ngebas dinyatakan lolos.

Istimewa
Ketua KPU Kabupaten Semarang, Maskup Asyadi menyerahkan berkas hasil tes kesehatan dan persyaratan kepada perwakilan balon Bupati dan Wakil Bupati Semarang 2020, di KPU Kabupaten Semarang, Minggu (13/9/2020). 

TRIBUNJATENG.COM, UNGARAN-Hasil tes kesehatan dua pasangan bakal calon (Balon) Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Semarang Bintang Narsasi-Gunawan Wibisono (Bison) dan Ngesti Nugraha-M Basari (Ngebas) dinyatakan lolos.

Ketua KPU Kabupaten Semarang Maskup Asyadi mengatakan empat berkas kedua pasangan Balon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Semarang mulai hasil tes kesehatan, psikologi, narkoba, dan berkas penelitian persyaratan dinyatakan lolos.

"Sedangkan berkas dari Balon Wakil Bupati atas nama M Basari belum memenuhi syarat terkait dengan jenis pekerjaan. Masih wiraswasta, padahal pada kolom bagian bawah dia mencentang ada surat pengunduran diri sebagai anggota DPRD Kabupaten Semarang,” terangnya saat dihubungi Tribunjateng.com, Minggu (13/9/2020)

Menurut Maskup, adanya ketidak sesuaian berkas itu KPU Kabupaten Semarang meminta dilakukan perbaikan. Kemudian berkas BB 2 KWK yang bersangkutan juga sama, perlu diperbaiki. Termasuk formulir yang ditandatangani dari pimpinan partai pengusung di tingkat kabupaten.

Ia menambahkan, terkait dengan surat pengunduran diri sebagai anggota DPRD dan tanda terimanya, harus disampaikan lima hari setelah penetapan pasangan calon.

“Sementara SK-nya harus kita terima paling lama 30 hari sebelum pemungutan suara. Jadi sifatnya administrasi, saya kira waktunya cukup panjang. Hanya sekadar ganti formulir, kemudian tanda tangan bermaterai,” katanya

Ia menambahkan, pasca tahapan pemeriksaan kesehatan dimana semua pasangan balon dinyatakan memenuhi syarat oleh tim medis RSUP dr Kariadi Semarang. Selanjutnya, KPU Kabupaten Semarang bersiap tahapan penetapan calon pada 23 September 2020. Kemudian, pengundian nomor urut calon melalui Rapat Pleno Terbuka pada 24 September 2020 mendatang.

Sekretaris DPC PDIP Kabupaten Semarang, Bondan Marutohening menyatakan, terkait berkas Balon Wakil Bupati M Basari diakui akan dilengkapi dan diperbaiki awal pekan ini.

“Sebetulnya ini sudah siap, cuma perbaikannya tetap harus mengacu jadwal yakni 14-16 September 2020. Sehingga kita bisa mengubahnya pada tanggal itu,” ujarnya. (*)

Penulis: M Nafiul Haris
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved