Breaking News:

Pertamina

Berkomitmen Pada Lingkungan, Pertamina Lanjutkan Program Konservasi Penyu di Pantai Selatan Cilacap

Salah satu program konservasi yang dilakukan adalah konservasi penyu yang saat ini masih merupakan hewan yang terancam punah.

IST
General Manager Pertamina MOR IV, Sylvia Grace Yuvenna, melepas tukik (anak penyu) sebagai bentuk Pertamina komitmen pada lingkungan dalam program Konservasi Penyu di Pesisir Pantai Selatan Cilacap 

TRIBUNJATENG.COM, CILACAP – Berbagai upaya dilakukan oleh seluruh elemen masyarakat untuk dapat melestarikan lingkungan hidup.

Salah satu bentuk pelestarian yang dilakukan adalah menyelamatkan spesies satwa langka.

Penyu merupakan salah satu satwa langka, bahkan International Union for Conservation of Nature masih memasukan penyu dalam Red List of Threatened Species (Daftar Merah Spesies yang Terancam).

Secara regulasi, seluruh spesies penyu merupakan satwa dilindungi sebagaimana tertuang dalam Undang-undang No.5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya.

Sebagai perusahaan yang memiliki komitmen menjaga pelestarian lingkungan, Pertamina menjalankan berbagai program konservasi lingkungan.

Salah satu program konservasi yang dilakukan adalah konservasi penyu yang saat ini masih merupakan hewan yang terancam punah.

Program konservasi penyu ini merupakan bentuk kolaborasi dari unit-unit operasi Pertamina Marketing Operation Region IV yaitu Fuel Terminal Maos, Fuel Terminal Lomanis dan Integrated Terminal Cilacap.

Kegiatan konservasi dilakukan di pesisir selatan Kabupaten Cilacap, tepatnya di wilayah Pantai Sodong, Desa Karangbenda, Kecamatan Adipala.

Jenis penyu yang saat ini masih terus dilakukan upaya konservasi adalah spesies Penyu Lekang (Lepidochelys olivaceae).

General Manager Pertamina MOR IV dengan Jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Adipala dan Aktivis Lingkungan Hidup berfoto bersama sebagai bentuk komitmen pelestarian Penyu di Pantai Sodong, Kabupaten Cilacap.
General Manager Pertamina MOR IV dengan Jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Adipala dan Aktivis Lingkungan Hidup berfoto bersama sebagai bentuk komitmen pelestarian Penyu di Pantai Sodong, Kabupaten Cilacap. (IST)

Tahun ini merupakan tahun kedua, tahun lalu berbagai upaya telah dilakukan salah satunya telah melepasliarkan puluhan tukik.

Halaman
12
Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved