Breaking News:

Berita Tegal

Layanan Pengadilan Tegal Bisa Diakses ke Kelurahan

Pemerintah Kota Tegal bersama Pengadilan Negeri Kelas I A Tegal, menyosialisasikan layanan aplikasi Kembang Desa di Gedung Adipura Balai Kota Tegal.

Istimewa
Ketua Pengadilan Negeri Kelas I A Tegal Djoni Witanto, menyosialisasikan tentang aplikasi Kemitraan Membangun Desa atau Kembang Desa di Gedung Adipura Balai Kota Tegal, Selasa (15/9/2020). 

TRIBUNJATENG.COM, TEGAL - Pemerintah Kota Tegal bersama Pengadilan Negeri Kelas I A Tegal, menyosialisasikan layanan aplikasi Kembang Desa di Gedung Adipura Balai Kota Tegal, Selasa (15/9/2020).

Kembang Desa adalah akronim dari Kemitraan Membangun Desa.

Aplikasi untuk mendapatkan informasi dan layanan hukum pengadilan yang ada di kantor kelurahan dan kecamatan se Kota Tegal.

Ketua Pengadilan Negeri Kelas I A Tegal, Djoni Witanto mengatakan, aplikasi Kembang Desa merupakan aplikasi yang diluncurkan Pengadilan Tinggi Jawa Tengah, pada 1 September 2020.

Aplikasi tersebut menjadi komitmen untuk melakukan gerakan reformasi birokrasi menuju wilayah bebas korupsi dan birokrasi yang bersih melayani.

Masyarakat bisa mengaksesnya melalui laman https://kembangdesa.pt-semarang.go.id/.

Layanan yang bisa didapatkan, seperti pendaftaran perkara secara elektronik, pelayanan surat keterangan, info perkara banding, dan beberapa pelayanan lainnya.

"Tujuan layanan Kembang Desa yaitu mempermudah mendapatkan layanan hukum melalui agen yang ada di kelurahan. Jadi bantuan hukum atau layanan hukum akan dilayani di tingkat kelurahan sebelum ke kantor pengadilan," kata Djoni dalam rilis yang diterima tribunjateng.com.

Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono mengatakan, melalui Kembang Desa masyarakat Kota Tegal yang membutuhkan layanan hukum dapat terbantu tanpa harus datang ke kantor pengadilan.

Ia mengatakan, cukup datang ke kantor kelurahan atau kantor kecamatan.

Masyarakat sudah dapat memperoleh layanan hukum.

"Seluruh perangkat di kecamatan maupun kelurahan di Kota Tegal dapat mempelajari serta menggunakan aplikasi tersebut jika ada masyarakat yang membutuhkan," pesannya.

Penulis: Fajar Bahruddin Achmad
Editor: Daniel Ari Purnomo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved