Breaking News:

LPPM USM Gelar Workshop dan Coaching Clinic Penyusunan Proposal Penelitian dan PKM

LPPM Universitas Semarang menggelar Workshop dan Coaching linic Penyusunan Proposal Penelitian dan Pengabdian.

Istimewa
Workshop dan Coaching Clinic Penyusunan Proposal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat yang diselenggarakan LPPM USM, Selasa-Rabu (15-16/9/2020) secara virtual 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Semarang (USM) menggelar Workshop dan Coaching Clinic Penyusunan Proposal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, yang merupakan hibah dari Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM), Selasa-Rabu (15-16/9/2020) secara virtual.

Kegiatan yang diikuti 204 peserta ini dibuka oleh Rektor USM Andy Kridasusila dan disiapkan juga 53 draft proposal.

Selain diikuti para dosen USM, kegiatan ini juga diikuti perwakilan dari Unisri Surakarta, STIE YPPI Rembang, Universitas Ivet, UPGRIS, STIE AUB, Undaris, STIE Bank BPD Jateng, dan STIKES Al Irsyad Cilacap.

Dalam sambutannya, Andy mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan tersebut dan LPPM USM rutin menggelar kegiatan seperti ini setiap tahun.

“Tugas utama dosen adalah tridharma, penelitian dan pengabdian sangat penting bagi dosen karena juga untuk kenaikan jabatan dosen. Oleh karena itu, workshop ini sangat penting bagi dosen dalam mengikatkan kemampuan menyusun proposal agar bisa diadanai DRPM. Mengingat LPPM USM masuk klaster utama yang mana anggarannya mencapai Rp 15 miliyar,” ungkap Andy.

“Kami juga berharap dari workshop ini para dosen mampu membuat proposal dengan baik sesuai dengan acuan dan lolos, sehingga dapat didanani dari DRPM," tambahnya.

Sementara, Ketua LPPM USM, Iswoyo mengatakan kenapa kegiatan ini dilakukan, karena dua dhama ini yaitu penelitian dan pengabdian kepada masyarakat merupakan tugas dari LPPM yang rutin digelar setiap tahun menjelang penawaran proposal hibah DRPM baik penelitian maupun pengabdian.

“Kami berharap pengusulan pada Tahun 2020 untuk pendaaan Tahun 2021 ini, proposal dosen USM bisa meninkat lebih banyak, sehingga yang didanai DRPM juga meningkat," ungkapnya.

Iswoyo menambahkan, Workshop dan Coaching Clinic Penyusunan Proposal Penelitian ini menghadirkan narasumber, Prof Agus Subekti PhD yang merupakan dosen Universitas Jember dan juga sebagai Reveiwer nasional penelitian hibah DRPM.

Sementara, untuk workshop Penyusunan Proposal Pengabdian kepada Masyarakat disampaikan Prof Dr Okid Parama Astirin MS Ketua LPPM Universitas Sebelas Maret dan juga Reveiwer nasional PKM hibah DRPM. (*)

Penulis: Muhammad Sholekan
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved