Breaking News:

Puluhan Bikers Pegawai Pemprov Datangi Tempat Wisata di Kabupaten Semarang, Ini yang Dilakukan

Puluhan anggota Jateng Bikers Community (JBT) kembali menggelar touring rutin dua bulanan, akhir pekan lalu.

Istimewa
Anggota Jateng Bikers Community (JBT) foto bersama di satu lokasi wisata di sela touring di wilayah Sumowono, Kabupaten Semarang, kemarin. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Puluhan anggota Jateng Bikers Community (JBT) kembali menggelar touring rutin dua bulanan, akhir pekan lalu. Kali ini, puluhan bikers yang merupakan pegawai berbagai instansi di Pemprov Jateng itu mendatangi beberapa obyek wisata Kabupaten Semarang.

Berbagai tempat wisata itu antara lain Curug Bidadari Sumowono dan Sunrise Hill Gedong Songo Kabupaten Semarang. Selain keduanya, para bikers juga sempat singgah di wisata pemandian air panas Nglimut, Kendal.

Ketua II JBT, Ipung Purwanto menuturkan, aktivitas touring anggota JBT tak sekadar touring hura-hura semata. Melainkan membawa misi untuk mengangkat potensi wisata di tiap daerah di Jawa Tengah.

"Nah kebetulan saat ini masih pandemi Covid-19. Sehingga touring kami ke berbagai tempat wisata itu untuk meninjau dan memastikan penerapan protokol kesehatan di lokasi wisata yang sudah operasional," kata Ipung, Selasa (15/9/2020).

Ipung yang juga pegawai Dinas Pemuda, Olah Raga, dan Pariwisata (Disporapar) Jateng itu menuturkan, selain memastikan melakukan pengecekan lokasi wisata, puluhan bikers anggota JBT juga selalu menggelar aksi sosial dalam setiap touringnya.

Untuk aksi sosial di touring ke Sumowono, Kabupaten Semarang kemarin, para biker menyerahkan bantuan ke pengelola Omah Uplik yang berada di Dusun Resowinangun, Desa Pledokan, Sumowono, Kabupaten Semarang. Bantuan yang diserahkan berupa masker, alat-alat olah raga, uang dan lainnya.

"Kami memilih Omah Uplik karena itu tempat tersebut menjadi perpustakaan warga dan berbagai aktivitas anak-anak. Padahal tempat itu dikelola perorangan namun ada keinginan untuk memajukan desanya," paparnya.

Seluruh anggita komunitas yang mengusung slogan "salam satu aspal, sedulur selawase" itu memang pegawai Pemprov Jateng baik ASN maupun non ASN. Melalui komunitas tersebut, diharapkan tercipta hubungan yang baik antar pegawai Pemerintah Provinsi Jawa Tengah lintas OPD dan BUMD.

Di setiap touring, para anggota juga membawa tugas di OPD masing-masing. Misalnya, jika menemukan jalan atau sarpras yang rusak, maka anggota komunitas langsung memotretnya dan melaporkannya kepada OPD terkait.

"Jadi bisa dikatakan, touring JBT ini merupakan wadah menyalurkan hobi dan menyambung persaudaraan antar pegawai lintas OPD. Dolan sekaligus melihat masyarakat dan hasil kegiatan OPD dari dekat," jelasnya.

Humas JBT, Taviv Suhendra menambahkan, agenda touring dua bulanan menjadi agenda rutin JBT. Sebagaimana arahan dari Pembina JBT yaitu Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, setiap touring ditujukan ke tempat wisata di Jawa Tengah.

"Untuk kemarin tujuan memang ke Sumowono. Ke depan, agendanya kita ke Petungkriyono dan wisata Bukit Tangkeban Pemalang," tambahnya. (*)

Penulis: m zaenal arifin
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved