Breaking News:

Berita Karanganyar

120 Kube di Karanganyar Dapat Bantuan Rp 20 Juta

Sebanyak 120 Kelompok Usaha Bersama (Kube) di Kabupaten Karanganyar mendapatkan bantuan masing-masing Rp 20 juta

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Sebanyak 120 Kelompok Usaha Bersama (Kube) di Kabupaten Karanganyar mendapatkan bantuan masing-masing Rp 20 juta.

Bantuan total Rp 2,4 Miliar itu diserahkan kepada perwakilan kube saat acara pembinaan penerima manfaat bantuan sosial bagi Kube Kemensos di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Rabu (16/9/2020).

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Karanganyar, Waluyo Dwi Basuki menyampaikan, yang mendapatkan bantuan usaha bersama ada sejumlah 120 Kube untuk tahun ini.

Pihak dinas menerjunkan sebanyak 12 pendamping yang nantinya akan membantu serta memonitoring jalannya usaha bersama dari masing-masing kelompok. Satu pendamping akan mendampingi 10 Kube.

"Masing-masing menerima Rp 20 juta. Totalnya Rp 2,4 miliar," katanya.

Bupati Karanganyar, Juliyatmono meminta kepada Kube supaya menggunakan bantuan sesuai peruntukannya. Begitu juga para pendamping supaya membantu supaya usaha yang dirintis oleh Kube dapat berjalan lancar.

Dia berharap dengan bantuan tersebut para Kube nantinya dapat mandiri.

"Pemberian bantuan ini supaya masyarakat mentas dari PKH. Tadi ada yang usaha sewa kajang, karena kondisi seperti saat ini ya sulit saya kira," ucapnya.

Sementara Ketua Kube Margo Mulyo Tunggulrejo Jumantono, Kristanto (45) mengungkapkan, telah mengajukan berkas bantuan sejak sekitar satu tahun lalu.

Bantuan itu nantinya akan digunakan untuk pembuatan kolam dan pembelian bibit ikan koi. Sejak awal pandemi virus Covid-19, lanjutnya, usaha itu vakum terlebih dahulu.

"Dari awal kesepakatan bersama usaha ikan koi. Nanti buat tambahan kolam dan beli bibit," jelasnya.

Dia menjelaskan, dengan kondisi pandemi virus Covid-19 seperti saat ini memang sulit untuk mengembangkan usaha. Namun dia bersama anggota lainnya tetap berupaya supaya usaha jalan. (*)

TONTON JUGA DAN SUBSCRIBE :

Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved