Breaking News:

Berita Pati

62 Ribu UMKM Pati Diajukan Terima BLT Rp 2,4 Juta

Di Kabupaten Pati, sebanyak 62 ribu UMKM telah diajukan oleh Dinas Koperasi dan UMKM (Dinkop UMKM) untuk mendapatkan bantuan ini.

TRIBUN JATENG/MAZKA HAUZAN NAUFAL
Kabid UMKM pada Dinkop UMKM Pati, Hendri Kristianto saat diwawancarai di Pendopo Kabupaten Pati, Rabu (16/9/2020). 

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Sebagai bagian dari penanganan pandemi Covid-19, pemerintah telah meluncurkan bantuan bagi para pelaku usaha mikro, kecil, dan menegah (UMKM).

Di antaranya ialah Bantuan Presiden (Banpres) Produktif atau Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebesar Rp 2,4 juta bagi pelaku UMKM.

Di Kabupaten Pati, sebanyak 62 ribu UMKM telah diajukan oleh Dinas Koperasi dan UMKM (Dinkop UMKM) untuk mendapatkan bantuan ini.

"Bantuan Rp 2,4 juta ini memang strategi pemerintah dalam menumbuhkan dan mempertahankan pelaku usaha mikro," ucap Kabid UMKM pada Dinkop UMKM Pati, Hendri Kristianto, di Pendopo Kabupaten Pati, Rabu (16/9/2020).

Kristianto menyebut, bantuan ini merupakan bentuk hibah, bukan pinjaman modal.

"Jadi (pelaku UMKM) tidak perlu mengembalikan, tidak ada potongan sekecil apapun," ujar dia.

Terkait bantuan ini, lanjut Kristianto, pihaknya hanya bertugas mendaftar pelaku UMKM dan menyampaikan daftar tersebut ke Kementerian Koperasi UMKM.

"Jadi kami tidak ada kewenangan untuk memverifikasi tentang siapa yang mendapatkan itu," kata dia.

Hingga pendaftaran bantuan ditutup pada minggu kedua September, Dinkop UMKM mengajukan 62 ribu lebih pelaku UMKM yang ada di Pati.

"Kami berharap, dari kuota 13 juta se-Indonesia, dari Kabupaten Pati yang kami usulkan bisa terakomodasi semua," tandas dia. (Mazka Hauzan Naufal)

Penulis: Mazka Hauzan Naufal
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved