Breaking News:

Berita Semarang

Groundbreaking Pembangunan Ducting di Tugu Muda, Hendi Ingin Semarang Tertata Rapi

Pemerintah Kota Semarang bekerjasama PT Moratelindo melakukan groundbreaking pembangunan sarana ducting atau saluran telekomunikasi di Tugu Muda

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Pemerintah Kota Semarang bekerjasama dengan PT Moratelindo melakukan groundbreaking pembangunan sarana ducting atau saluran telekomunikasi di kawasan Tugu Muda, Rabu (16/9/2020).

Saluran tersebut berguna menempatkan kabel serat optik sehingga tidak bergelantungan di tiang yang mengganggu estetika kota.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi mengatakan, pembiayaan pembangunan ducting tidak menggunakan APBD namun murni melalui investasi dari PT Moratelindo.

Dengan penataan saluran telekomunikasi berada di bawah tanah diharapkan Kota Semarang akan lebih rapi dan indah.

"Banyak kabel telepon, listrik, yang tidak hanya dialiri oleh kabel listrik dan telekomumikasi tapi banyak kabel FO (fiber optik). Ini salah satu upaya untuk mengatasi agar lebih rapi dan indah," papar Hendi, sapaannya.

Hendi menjelaskan, investasi pembangunan ducting ini sekitar Rp 634 miliar dengan panjang sekitar 500 kilometer.

Karena situasi pandemi Covid-19, proyek baru akan berjalan sekitar 30-35 kilometer dengan biaya Rp 40-50 miliar.

Beberapa jalan di kawasan segitiga emas akan menjadi prioritas antara lain Jalan Pemuda, Pandanaran, Simpanglima, Gajah Mada, tembusan Jalan Majapahit, dan tembusan Jalan Siliwangi.

"Janjinya enam bulan selesai, kalau ekonomi membaik mereka akan melanjutkan sisanya. Kalau enggak kita akan wait and see," tambah Hendi.

Pihaknya pun mempersilakan para pemilik kabel telekomunikasi untuk dapat memindahkan kabel-kabelnya ke sarana yang dibangun PT Moratelindo.

Halaman
12
Penulis: Eka Yulianti Fajlin
Editor: abduh imanulhaq
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved