Breaking News:

Breaking News: Tim Gabungan Satpol PP Kota Semarang Temukan Warga Reaktif Covid-19

Tim gabungan dari Satpol PP, Kodim, Polrestabes, dan Dinkes Kota Semarang menggelar operasi yustisi di Jalan Pengapon.

TRIBUN JATENG/M ZAINAL ARIFIN
Petugas Dinkes Kota Semarang melakukan rapid test kepada warga yang terjaring operasi yustisi di Jalan Pengapon, Semarang Timur, Kota Semarang, Kamis (17/9/2020). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Tim gabungan dari Satpol PP, Kodim, Polrestabes, dan Dinas Kesehatan Kota Semarang menggelar operasi yustisi di Jalan Pengapon, tepatnya di depan Pasar Rejomulyo atau Pasar Kobong, Kota Semarang, Kamis (17/9/2020) malam.

Operasi menyasar pedagang ikan dan warga pengguna jalan yang tak memakai masker. Bagi yang kedapatan tak memakai masker, langsung didata dan dihukum di tempat. Selai itu, mereka juga diharuskan menjalani rapid test.

"Dari hasil rapid test, kita temukan dua warga pengguna jalan yang reaktif Covid-19. Mereka bukan pedagang ikan di Pasar Kobong, tapi warga yang melintas," kata Kepala Satpol PP Kota Semarang, Fajar Purwoto.

Dengan temuan tersebut, katanya, telah ditemukan delapan warga yang reaktif Covid-19 pada Kamis (17/9/2020). Selain dua warga di atas, tiga orang reaktif ditemukan saat operasi yustisi di Sendangmulyo dan tiga warga lainnya ditemukan di Tlogosari.

"Jadi total hari ini (Kamis--red), kita temukan delapan orang yang reaktif. Selanjutnya mereka kami kirim ke rumah karantina di rumah dinas walikota," ujarnya.

Delapan warga yang kedapatan reaktif tersebut, nantinya akan dilakukan tes lagi berupa swab test. Mereka akan dikarantina di rumah dinas Wali Kota Semarang selama tiga hari.

"Jika dari hasil swab test dinyatakan negatif, maka mereka boleh pulang. Tapi jika positif, maka harus menjalani perawatan," jelasnya.

Dikatakannya, operasi yustisi yang dilakukan sebagai upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Kota Semarang. Dengan dilakukannya rapid test, maka warga yang reaktif Covid-19 akan terdeteksi lebih awal sehingga bisa langsung ditangani. (*l)

Penulis: m zaenal arifin
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved