Breaking News:

Opini

Siap Beradaptasi dengan Teknologi Pendidikan  

PANDEMI Covid 19, memberikan dampak perubahan yang besar di dalam sektor pendidikan, yakni harus beralih ke sistem pembelajaran online.

IST
Program pelatihan guru dengan tema Effective Educational Videos. 

PANDEMI Covid 19, memberikan dampak perubahan yang besar di dalam sektor pendidikan, dari pola pembelajaran secara offline harus beralih ke sistem pembelajaran berbasis online. Siap atau tidak, perubahan tersebut harus dilakukan oleh seluruh tenaga pendidik di Indonesia.

Penerapan teknologi pembelajaran online sudah mulai dikenalkan dan diterapkan oleh beberapa institusi pendidikan sebelum terjadinya pandemi Covid-19. Namun dengan berkembangnya pandemi tersebut, akhirnya memaksa seluruh institusi beralih menggunakan teknologi dalam sistem pembelajarannya.

Peralihan proses belajar yang terjadi dalam waktu singkat ini membuat kesiapan tenaga pendidik kurang matang sehingga kurang menguasai penggunaan teknologi dalam melaksanakan sistem pembelajaran. Padahal diperlukan skill yang mapan untuk menggunakan teknologi tersebut agar membantu tenaga didik dalam melaksanakan pembelajaran daring. Pengetahuan teknologi di kalangan pendidik memiliki tingkatan pengalaman yang berbeda-beda dalam penerapan teknologi pendidikan. Begitu pula kesadaran beradaptasi pun berbeda-beda. Sebagian pendidik yang dengan mudah beradaptasi dengan technological knowledge akan dengan mudah dan sukses menjawab pertanyaan bagaimana penerapan proses pembelajaran jarak jauh.

Opini, Tribun Jateng, Sabtu (26/09/2020)
Opini, Tribun Jateng, Sabtu (26/09/2020) (TRIBUN JATENG)

Menurut Nadiem Makarim, Menteri Pendidikan saat melakukan rapat bersama Komite X DPR RI, penerapan teknologi dalam dunia pendidikan akan memberikan kesempatan bagi seluruh institusi pendidikan untuk mengimplementasikan berbagai macam modeling pembelajaran sehingga terbentuk school learning management system yang handal dan kompetitif. Akan tetapi penerapan teknologi tersebut tidak akan maksimal jika tidak didukung pengetahuan teknologi yang memadai dari tenaga pendidik. Teknologi canggih jika tidak disertai kemampuan yang baik dalam penggunaanya akan menjadi sia-sia, bahkan dapat menjadi sebuah hambatan dalam meningkatkan kinerja.

Beralihnya proses pembelajaran secara daring dalam waktu singkat ini menyebabkan kepanikan di kalangan tenaga pendidik yang kurang kompeten dalam menggunakan teknologi pembelajaran daring. Mereka terbiasa melakukan pembelajaran secara offline dan kurang mengembangkan skill dalam menggunakan teknologi, sehingga mereka menemukan kecanggungan dalam penerapan teknologi dalam proses belajarnya. Dan akhirnya tidak mampu melakukan proses pembelajaran daring yang kreatif dan inovatif, yang mampu menarik daya minat siswa serta meningkatkan keseriusan siswa dalam belajar. Selain itu, juga mencegah terjadinya kebosanan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran daring

Pemanfaatan teknologi pembelajaran jarak jauh memiliki hambatan dan tantangan sendiri. Salah satu hambatan yang dialami para tenaga pendidik adalah belum familiarnya mereka dalam menggunakan sistem pembelajaran yang bersifat blended dan sepenuhnya online. Permasalahan lainnya yang menghambat kegiatan belajar secara daring, kurangnya kesiapan penguasaan teknologi informasi oleh guru dan siswa, sarana dan prasarana yang belum sepenuhnya mendukung, serta jaringan provider yang kadang kurang stabil. 

Hambatan-hambatan tersebut harus teratasi dengan baik supaya proses pembejaran daring berjalan dengan lancar dan menyenangkan untuk kedua belah pihak. Dengan demikian, transfer knowledge dapat terdistribusi secara baik.

Tinjauan literatur saat ini telah menemukan bahwa ada banyak penelitian tentang implementasi teknologi dalam pendidikan online berkaitan dengan penghematan biaya dan efisiensi, bahwa peningkatan kualitas dan efektifitas pendidikan online memerlukan kerangka kerja yang harus diterapkan di sekolah. Kerangka yang diusulkan memberikan panduan praktis kepada para pemangku kepentingan dalam penilaian kualitas pengajaran dan pembelajaran online. (Zhao, 2003)

Aktivitas pengajaran sangat bervariasi yang menyandingkan berbagai jenis pengetahuan. Kegiatan mengajar yang berdasar dengan pengetahuan tentang materi yang akan diajarkan (content knowledge), cara mengajarkan suatu materi (pedagogical knowledge), dan pengetahuan tentang penggunaan berbagai teknologi (technological knowledge), yang ketiganya memiliki relevansi untuk dapat mendukung satu sama lainnya (Mishra & Koehter, 2009).

Faktor utama menciptakan dan memelihara lingkungan belajar yang positif, membangun komunitas belajar, memberikan umpan balik yang konsisten secara tepat waktu dan menggunakan teknologi yang tepat untuk mengirim konten yang tepat. Lewis (2015)

Meningkatnya peluang pembelajaran online dalam masyarakat saat ini, pustakawan perlu mempertimbangkan cara-cara tambahan untuk merancang instruksi online secara efektif. Mengembangkan strategi yang diperlukan untuk mengajar dan belajar secara online dengan

sukses membutuhkan pemahaman tentang gaya belajar dan bagaimana mereka dapat ditangani dengan baik di lingkungan online. 

Seperti halnya di kelas tatap muka, penggunaan gaya mengajar tertentu atau serangkaian gaya harus diperluas untuk mengatasi gaya belajar yang berbeda saat mengajar online. Pengajaran dan pembelajaran yang sukses tergantung pada semua peserta yang memiliki sikap yang diperlukan untuk berhasil di lingkungan online

Pembelajaran online memerlukan strategic agility untuk dapat dengan lincah dan tangkas merespons setiap perubahan dan dapat beradaptasi cepat dengan gaya belajar di lingkungan online berusaha menyerupai pembelajaran tatap muka dan capaian pembelajaran secara online akan maksimal tercapai, namun tentu dengan dukungan semua pihak peserta online demi tercapainya kesuksesan dalam pembelajaran online. (Yuyun Ristianawati SE MM, Dosen STIE Totalwin Semarang, Mahasiswa Program Doktor Ilmu Manajemen Unissula Semarang)

Penulis: -
Editor: moh anhar
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved