Breaking News:

Parenting

Kegemaran Anak Mewarnai Bantu Perkembangan Motorik Halus

KEGIATAN menggambar atau mewarnai tentunya bisa dilakukan oleh semua anak, termasuk balita.

TRIBUN JATENG
Anak berlatih menggambar dan mewarnai 

KEGIATAN menggambar atau mewarnai tentunya bisa dilakukan oleh semua anak, termasuk balita. Kegiatan ini bisa dimulai jika anak sudah menyukai pekerjaan yang membutuhkan gerakan motorik halus.

Dr Endang Widyorini MS, Psi, Ketua Program Magister Psikolog Profesi Fakultas Psikologi Unika Soegijapanata Semarang, mengatakan, motorik halus sendiri adalah perkembangan gerak menggunakan otot-otot kecil anak, seperti otot-otot di tangan dan jari untuk mengontrol benda berbagai bentuk serta ukuran. Motorik halus juga meliputi pergerakan otot kecil dengan koordinasi mata-tangan.

"Motorik halus berkaitan dengan kemampuan dasar seperti memegang, melipat sesuatu, meletakan benda sesuai tempatnya, dan makan sendiri. Lalu, hal ini pun berkaitan bagaimana si kecil mengaduk dan menuang minuman," katanya.

Ia melanjutkan, beragam kegiatan sederhana dan dasar yang amat penting bagi si kecil itu bisa diasah melalui kegiatan menggambar atau mewarnai. Motorik halus bisa terus terasah dengan cara bermain atau aktivitas yang menyenangkan bagi anak.

"Misalkan, dimulai dari bermain lilin (platicin) dengan membentuk pola sederhana yang dikehendaki si kecil. Lalu menggambar apapun yang mudah seperti lingkaran, segi empat, dan pola-pola dasar lainnya. Hal itu bisa dilakukan juga saat anak sedang belajar mewarnai. Namun, untuk kegiatan mewarnai atau menggambar, sebaiknya pilih material alat tulis yang ringan," katanya.

"Beragam kegiatan ini penting diasah terus untuk mempersiapkan si kecil masuk dalam dunia sekolah. Sebab, nanti si kecil harus bisa menulis, mengancing baju, memakai sepatu, dan memasang tali secara mandiri," tambahnya. (akhtur gumilang)

Penulis: Akhtur Gumilang
Editor: moh anhar
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved