Breaking News:

DPRD Kabupaten Pekalongan

Desa Jagung Terima Bantuan Pembangunan Irigasi

Pemerintah pusat melalui Kementrian PUPR menggelontorkan dana Rp 195 juta ke Kelompok Tani Desa Jagung.

Penulis: Indra Dwi Purnomo | Editor: sujarwo
Istimewa
Candra Saputra bersama masyarakat Desa Jagung, Kecamatan Kesesi, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah syukuran atas pembangunan irigasi. 

TRIBUNJATENG.COM, KAJEN - Pemerintah pusat melalui Kementrian PUPR menggelontorkan dana Rp 195 juta ke Kelompok Tani Desa Jagung, Kecamatan Kesesi, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah.

Dana APBN tersebut, digunakan untuk pembangunan saluran irigasi sepanjang sekitar 270-an meter. 

Hal tersebut diungkapkan Candra Saputra saat dihubungi Tribunjateng.com, Selasa (29/9/2020).

"Peletakan batu pertama pembangunan saluran irigasi ini merupakan aspirasi dari pak kades yang disampaikan kepada kami," kata anggota DPRD Kabupaten Pekalongan Candra Saputra.

Aspirasi tersebut, disampaikan Fraksi PAN DPR RI dengan DPRD Kabupaten Kabupaten Pekalongan kepada kementrian PUPR, lantaran sebelumnya saluran irigasi yang menghubungkan antar wilayah area kelompok tani tersebut kerap mengalami kebocoran sehingga air tidak sampai ke hilir. 

"Melalui program peningkatan percepatan tata guna air irigasi ini, maka saluran air tidak mengalami kebocoran sehingga air bisa sampai ke area pertanian dengan maksimal," imbuhnya.

Menurutnya, di Desa Jagung merupakan daerah produktivitas pertanian. Sehingga ini menjadi perhatian dalam peningkatan ketahanan pangan. 

"Selain Desa Jagung, ada pula tiga Desa lainya yang kami berikan aspirasi untuk pembangunan irigasi ini."

"Kami harapkan, petani bisa memanfaatkan semaksimal mungkin sehingga hasil juga maksimal," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa Jagung Kecamatan Kesesi, Ade Fernando Binar Luhur Budi saat dihubungi Tribunjateng.com mengatakan, sebelum mendapatkan bantuan peningkatan saluran irigasi, pihaknya juga mendapatkan bantuan Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (Pisew) untuk cor jalan. 

"Saluran irigasi ini untuk mengaliri sekitar 30 hektar area pertanian warga. Semoga dengan saluran irigasi yang baik maka produktivitas pertanian semakin meningkat," katanya. (Dro)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved