Berita Viral

Viral Air Laut di Pantai Benteng Portugis Jepara Surut Jauh Mirip Tanda-tanda Sebelum Tsunami Datang

Viral video di media sosial air laut di Pantai Benteng Portugis, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah

Penulis: galih permadi | Editor: galih permadi

TRIBUNJATENG.COM, JEPARA- Video air laut di Pantai Benteng Portugis, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah surut jauh mirip tanda-tanda sebelum terjadi tsunami viral di media sosial.

Dalam video berdurasi 15 detik itu, kondisi air laut Pantai Benteng Portugis Jepara surut hingga tampak hamparan pasir berwarna cokelat.

Pulau Mandalika yang berada di tengah laut pun terlihat jelas.

Rekaman video tersebut dibagikan dalam aplikasi TikTok.

Seorang pria yang menunjukkan kondisi pantai sedang surut pada Senin (28/9) kemarin.

"Wis angel-angel, pol tengah iki. Piye jalan-jalan rene wisata anyar bro. Sedelek engkas tekan Mandalika. Ora suwe," ujarnya.

Tribunjateng.com sedang mencoba mengonfirmasi pihak terkait untuk menjelaskan fenomena ini terkait tanda awal tsunami atau tidak.

Kajian ITB Tsunami 20 Meter

Ada potensi tsunami 20 meter di selatan Pulau Jawa menurut hasil riset para peneliti Institut Teknologi Bandung (ITB) yang telah diterbitkan dalam jurnal Nature Scientific Report pada pekan lalu. 

Riset ini menurut salah satu anggota tim peneliti tersebut, Endra Gunawan, menggunakan analisis multi-data dari berbagai peneliti.

Sejarah gempa besar di kawasan Pulau Jawa selama ini tidak diketahui atau tidak terdokumentasi.

"Pascagempa 2004 di Aceh, beberapa peneliti melakukan pengambilan sampel, atau yang dikenal dengan paleoseismologi, untuk mengetahui sejarah gempa besar di masa lalu di kawasan tersebut," ungkap Endra kepada Kompas.com, Jumat (25/9/2020).

Hasil penelitian tersebut mengungkapkan bahwa gempa besar yang di Aceh pada tahun 2004 lalu, pernah terjadi 600 tahun yang lalu.

Sedangkan di Jawa, dokumentasi tentang sejarah gempa besar tidak terdokumentasi dan tidak diketahui.

Riset yang dimulai sejak 5 tahun tersebut, mengusulkan pemodelan potensi bencana gempa bumi di zona subduksi di sepanjang selatan Jawa berbasis analisis multi-hazard dan multi-data untuk pengurangan risiko atau mitigasi bencana.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved