Breaking News:

Berita Pekalongan

Cek Syarat Jadi Panwas Pilkada Pekalongan 2020 dari Bawaslu

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Pekalongan mulai melaksanakan tahapan perekrutan pengawas tempat pemungutan suara (TPS).

Penulis: Indra Dwi Purnomo
Editor: Daniel Ari Purnomo
Tribun Jateng/Indra Dwi Purnomo
Divisi SDM Bawaslu Kabupaten Pekalongan, Nur Anis Kurlia. 

TRIBUNJATENG.COM, KAJEN - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Pekalongan mulai melaksanakan tahapan perekrutan pengawas tempat pemungutan suara (TPS), untuk pelaksanaan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Pekalongan tahun 2020.

Tahapan perekrutan, dilaksanakan dengan pendaftaran di masing-masing wilayah kecamatan.

Koordinator Divisi Organisasi dan SDM Bawaslu Kabupaten Pekalongan, Nur Anis Kurlia mengatakan, sesuai Undang-Undang No 10 tahun 2016, Pengawas TPS paling lambat dibentuk 23 hari menjelang hari pemungutan suara dan dibubarkan 7 hari setelah hari pemungutan.

"Pengumuman pendaftaran sudah kami laksanakan mulai tanggal (30/9/2020) hingga (2/10/2020).

"Sedangkan, untuk pendaftaran penerimaan dan penelitian berkas administrasi serta wawancara dilaksanakan pada tanggal (3/10/2020) hingga (15/10/2020)," kata Anis Kurlia kepada Tribunjateng.com, Kamis (1/10/2020).

Menurutnya, proses rekrutmen PTPS di Kabupaten Pekalongan akan ditangani oleh Panwaslu Kecamatan dalam pelaksanaan penelitian berkas administrasi, hingga wawancara seleksi.

Pihaknya menyebut, syarat menjadi PTPS masih sama dengan Pemilu maupun pemilihan kepala daerah beberapa waktu lalu.

Syarat tersebut antara lain, pendidikan minimal SMA/sederajat, usia minimal 25 tahun saat pencoblosan, bukan anggota partai politik sekurang-kurangnya dalam lima tahun terakhir.

"Selain itu tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan dengan tuntutan penjara lima tahun atau lebih juga menjadi salah satu di antara syarat-syarat yang lain yang bisa diakses di masing-masing wilayah."

"Kemudian, total yang akan direkrut Bawaslu yaitu 2.163 pengawas TPS," ujarnya.

Anis menambahkan, pengumuman perekrutan ini diharapkan bisa dilihat dan dibaca oleh seluruh masyarakat Kabupaten Pekalongan.

Sehingga, nantinya dalam perekrutan pengawas TPS masyarakat antusias untuk mendaftar.

"Kami harap pengumuman ini dapat tersampaikan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Pekalongan," tambahnya. (Dro)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved