Breaking News:

Cegah Abrasi di Kawasan Pesisir Sayung, Kodim 0716 Demak Tanam 10.000 Mangrove

Sebanyak 10.000 mangrove ditanam di Desa Timbulsloko, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, Jumat (2/10/2020).

Penulis: Muhammad Yunan Setiawan | Editor: sujarwo
TRIBUNJATENG/YUNANSETIAWAN
Bupati Demak H M Natsir, Dandim 0716 Demak Letkol Arh M Ufiz, Wakapolres Demak Didi Dewantoro menanam mangrove di kawasan pesisir Sayung, tepatnya di Desa Timbulploso, Kecamatan Sayung, Demak, Jumat (2/10/2020). 

RIBUNJATENG.COM, DEMAK - Sebanyak 10.000 mangrove ditanam di Desa Timbulsloko, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, Jumat (2/10/2020).

Acara ini dalam rangka Karya Bhakti Serbuan Teritorial Korem 073/ Makutarama di Kodim 0716/Demak.

Hadir pula dalam acara tersebut Dandim 0716/ Demak Letkol Arh Ufiz, Bupati Demak H. M. Natsir, Wakapolres Demak Kompol Didi Dewantoro, dan beberapa pihak lainnya.

Letkol Arh M Ufiz mengatakan, penanaman mangrove tersebut bertujuan untuk melestarikan alam di kawasan pesisir.

Karena, kata dia, bencana abrasi dan erosi yang terjadi di Kecamatan Sayung mengakibatkan daratan semakin lama makin hilang tenggelam.

"Dengan penananaman mangrove ini diharapkan kedepan dapat mengurangi erosi dan abrasi di wilayah pesisir."

"Karena fungsi mangrove ini sangat luar biasa, selain untuk menahan erosi dan abrasi, juga manfaat lainnya, mulai dari daun hingga akarnya sangat bermanfaat, bisa digunakan apa saja oleh masyarakat," ujarnya usai melakukan penanaman mangrove.

Sementara itu Bupati Demak, H. M. Natsir menyampaikan, pihaknya akan terus berupaya dan berusaha untuk masyarakat Demak, terutama yang ada di wilayah Kecamatan Sayung.

Menurutnya, pihaknya terus mengusulkan ke pemerintah pusat terkait pembangunan jalan tanggul menuju Desa Tambakbulusan dan Desa Kedungmutih.

Karana kondisi saat ini, tutur Natsir, jalan tersebut sudah tertutup air laut.

"Ini dulunya jalur menuju Tambakbulusan dan Kedungputih. Kita akan terus upayakan untuk dikembalikan menjadi jalur seperti pada awalnya dahulu," ujarnya.

"Kita berupaya membangun tanggul laut, otomatis kawasan ini akan kembali lagi menjadi daratan lagi, ini usaha kita," tandasnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved