Breaking News:

Berita Semarang

Waspadai Cuaca Ekstrem Sepanjang La Lina, Basarnas Semarang Perkuat Personil SAR dan Kesiapan Alat

Basarnas Semarang menyiagakan diri dalam menghadapi La Nina yang diprediksi terjadi pada periode akhir Oktober hingga pertengahan November

Penulis: iwan Arifianto | Editor: muslimah

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Basarnas Semarang menyiagakan diri dalam menghadapi La Nina yang diprediksi terjadi pada periode akhir Oktober hingga pertengahan November.

Kepala Basarnas Semarang Nur Yahya mengatakan, fenomena La Nina menyebabkan 40 persen curah hujan lebih tinggi sehingga terjadi cuaca ekstrem dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Pihaknya telah menyiapkan petugas dan peralatan terutama sepanjang fenomena tersebut.

"Kami juga aktif berkoordinasi dengan BPBD, Polisi dan teman-teman relawan lain untuk tetap siaga terutama di wilayah-wilayah yang berpotensi terjadi bencana," ujarnya kepada Tribunjateng.com, Kamis (15/10/2020).

Yahya menyebut, ada beberapa titik yang patut diwaspadai dalam memasuki musim hujan kali ini apalagi sepanjang terjadinya fenomena La Nina.

Wilayah tersebut yaitu Kota Pekalongan dan Kabupaten Pati yang berpotensi besar terjadi banjir disertai rob.

Untuk wilayah Kota Semarang ada dua wilayah yang patut diwaspadai lantaran sudah menjadi langganan banjir yaitu Genuk dan Mangkang.

"Selain banjir kami mewaspadai juga bencana tanah longsor yang umumnya terjadi di wilayah selatan Jateng seperti Wonosobo, Temanggung dan Banjarnegara," paparnya.

Yahya mengimbau kepada masyarakat Jawa Tengah khususnya di Kota Semarang agar mewaspadai cuaca ekstrem yang akan terjadi.

Ia meminta warga mewaspadai wilayah tempat tinggal mulai dari kontur tanah, kondisi pohon di sekitar tempat tinggal.

Sedangkan warga yang tempat tinggalnya sudah menjadi langganan banjir hendaknya jauh-jauh hari mempersiapkan diri terutama evakuasi barang-barang pribadi yang penting agar ketika banjir datang tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

"Kami siaga 24 jam penuh membantu masyarakat yang membutuhkan, masyarakat tinggal menghubungi kami Insya Allah personil kami segera terjun membantu," tandasnya. (Iwn)

TONTON JUGA DAN SUBSCRIBE :

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved