Breaking News:

Berita Wonogiri

Polres Wonogiri Sosialisasikan Aplikasi Yanpatdu Hingga ke Rumah Warga

Anggota Bhabinkamtibmas Eromoko menyosialisasikan aplikasi Yanpatdu hingga ke kantor desa hingga ke rumah warga.

Istimewa
Anggota bhabinkamtibmas saat menyosialisasikan aplikasi Yanpatdu kepada pegawai di kantor desa, Kamis (15/10/2020). 

TRIBUNJATENG.COM, WONOGIRI - Anggota Bhabinkamtibmas Eromoko menyosialisasikan aplikasi Pelayanan Cepat Terpadu (Yanpatdu) hingga ke kantor desa, pendopo kecamatan hingga ke rumah-rumah warga.

Anggota bhabinkamtibmas saat menyosialisasikan aplikasi Yanpatdu kepada masyarakat, Kamis (15/10/2020).
Anggota bhabinkamtibmas saat menyosialisasikan aplikasi Yanpatdu kepada masyarakat, Kamis (15/10/2020). (Istimewa)

Dalam kesempatan itu anggota menjelaskan beberapa manfaat aplikasi Yanpatdu kepada masyarakat seperti pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK). Pembuatan SKCK di Polres Wonogiri kini bisa selesai dalam waktu tujuh menit jika dilakukan secara online.

Kecepatan dan efisiensi pembuatan SKCK tersebut muncul setelah Polres Wonogiri meluncurkan Aplikasi Yanpatdu. Dalam aplikasi tersebut juga terdapat beberapa layanan yang tersedia untuk masyarakat. Seperti lapor kehilangan, lapor propam, laporan pengaduan, SKCK online baru, SKCK online perpanjangan, permohonan izin keramaian, permohonan Surat Izin Mengemudi online, pembayaran online, dan Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan (SP2HP) online.

Kapolres Wonogiri, AKBP Christian Tobing mengatakan, Polres Wonogiri mengusung tema SPKT Pelayanan Cepat Terpadu Kunci Sahabat dan Aplikasi Sahabat Yanpatdu Polres Wonogiri. Selama pandemi Covid-19 pelayanan masyarakat di Polres Wonogiri selalu menerapkan protokol kesehatan.

"Kami berharap aplikasi ini bisa bermanfaat dan memudahkan masyarakat. Sebagian masyarakat sudah mulai menggunakan. Kami akan terus menyosialisasikan aplikasi ini kepada masyarakat, juga melalui bhabinkamtibmas di jajaran Polres Wonogiri" katanya, Kamis (15/10/2020).

Dalam aplikasi Yanpatdu terdapat tombol darurat atau panic button. Tombol tersebut bisa difungsikan masyarakat ketika terjadi kedaruratan, seperti ada tindak kejahatan, penemuan atau segala sesuatu yang bisa dilaporkan kepada pihak kepolisian.

Sebelumnya, masyarakat bisa melaporkan kejadian di lingkungan sekitar kepada polisi dengan menghubungi nomor 110. Aplikasi Yanpatdu Polres Wonogiri bisa diunduh melalui aplikasi Play Store. Hingga kini, aplikasi itu sudah diunduh lebih dari 1.000 orang lebih pengguna. (*)

Penulis: Agus Iswadi
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved