Breaking News:

Berita Dieng

Tol Kahyangan Jalan Dieng via Bawang akan Dibangun Rest Area

Viral di media sosial saat ini. Jalan tembus Batang ke Dieng ini memang lokasi yang sangat menarik dikunjungi

TRIBUN JATENG/KHOIRUL MUZAKI
Jalur alternatif Pantura-Dieng via Kecamatan Bawang sudah mulus dan siap dilintasi wisatawan 

TRIBUNJATENG.COM – Beberapa bulan belakangan, Jalan Batang–Dieng via Kecamatan Bawang ramai diperbincangkan di media sosial lantaran pemandangan yang ditawarkan sangat indah.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Banjarnegara Agung Yusianto mengatakan, jalur itu bahkan dijuluki sebagai Tol Kahyangan.

“Sudah ramai sejak tiga bulan yang lalu, makin ramai karena viral di media sosial saat ini. Jalan tembus Batang ke Dieng ini memang lokasi yang sangat menarik dikunjungi,” kata dia kepada Kompas.com, Minggu (11/10/2020).

Jalan Batang–Dieng merupakan jalur yang melintasi perbatasan Kabupaten Banjarnegara dan kabupaten Batang di Jawa Tengah.

Menurut Agung, jalan yang berada di puncak pegunungan tersebut menawarkan pemandangan hamparan perbukitan dan hutan yang masih asri.

Meski sekarang ini wisatawan berbondong-bondong berkunjung ke sana saat hari libur, pada hari biasa setiap sore pun jalanan tersebut ramai oleh para remaja pemburu sunset.

“Tol Kahyangan berada di ketinggian kisaran 2.100-an meter dari permukaan laut (mdpl). Mudah juga diaksesnya, dari arah Dieng ke situ cuma 5 kilometer,” ujar Agung.

Didominasi pengendara motor Sejak Kabupaten Banjarnegara membuka kembali pariwisatanya pada 1 Agustus 2020, Agung mengatakan bahwa jalur tersebut langsung ramai wisatawan.

Sejumlah kendaraan berplat nomor Jawa Barat melintas di jalan perbatasan Kabupaten Batang dan Banjarnegara, yang kini sudah diperbaiki oleh pemerintah, Jumat (5/7/2019).

Mayoritas wisatawan pengguna kendaraan roda empat dan roda dua yang datang ke sana berasal dari Jakarta dan area Pantura.

Halaman
12
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved