Breaking News:

Berita Kebumen

Tanggul Sungai Jebol, Sejumlah Desa di Kebumen Tergenang Banjir

Beberapa sungai besar yang melintasi wilayah Kabupaten Kebumen meluap hingga membanjiri sejumlah desa di sekitarnya

Penulis: khoirul muzaki | Editor: muslimah
Istimewa
Proses evakuasi korban banjir di Desa Krakal Kecamatan Alian Kebumen 

TRIBUNJATENG COM, KEBUMEN - Hujan lebat yang mengguyur wilayah Kabupaten Kebumen sejak Minggu (25/10)) sekitar pukul 14.00 WIB hingga Senin dini hari (26/10) sekitar pukul 03.00 WIB memicu banjir dan longsor di sejumlah wilayah.

Beberapa sungai besar yang melintasi wilayah Kabupaten Kebumen meluap hingga membanjiri sejumlah desa di sekitarnya.

Bako Humas BPBD Kebumen Heri Purwoto mengungkapkan, di Kecamatan Prembun, akibat luapan Sungai Lesung, air merendam pemukiman di Desa Pesuningan dengan ketinggian sekitar 50 cm.

Luapan sungai Lesung juga menyebabkan air masuk ke pemukiman desa Merden setinggi sekitar 50 cm.

Tanggul sungai Lesung yang jebol sekitar 10 meter juga menimbulkan genangan di Desa Kedungbulus setinggi kisaran 30 cm sampai 50 cm.

"Di Desa Karangpoh, peternakan New Assa pagarnya jebol terkena banjir dari aliran sungai Luk Ulo,"katanya, Senin (26/10)

Sungai Kedungbenerdi Kecamatan Alian dan Kecamatan Kebumen juga meluap hingga membanjiri sejumlah desa di sekitarnya. Di Desa Krakal Kecamatan Alian, luapan air sungai bahkan menyebabkan genangan dengan ketinggian sekitar 1,6 meter. Warga terdampak sempat mengungsi ke Kantor Balai Desa Krakal sebanyak kurang lebih 170 jiwa.

Tetapi kondisi terakhir, pagi ini, warga sudah kembali ke rumah masing – masing setelah banjir mulai surut.

Sedangkan di Desa Kalirancang Kecamatan Alian, luapan air sungai menimbulkan genangan dengan ketinggian sekitar 30cm - 50 cm hingga merusak kandang ternak di wilayah itu.

Air sungai juga meluap di sejumlah desa lain di Kecamatan Alian, yakni Desa Sawangan, Desa Seliling, Desa Surotrunan, dan Desa Bojongsari dengan tinggi genangan bervariasi.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved