Breaking News:

Penanganan Corona

Antisipasi Klaster Mudik, Polres Semarang Maksimalkan Kampung Siaga Covid-19

Mengantisipasi munculnya klaster baru penyebaran virus Corona (Covid-19) dalam masa mudik libur panjang terhitung 28-1 November 2020 Polres Semarang b

Penulis: M Nafiul Haris | Editor: muh radlis
TRIBUN JATENG/M NAFIUL HARIS
Para Pelanggar Protokol Kesehatan Diajak Doa Bersama di Pemakaman Covid-19 

TRIBUNJATENG.COM, UNGARAN - Mengantisipasi munculnya klaster baru penyebaran virus Corona (Covid-19) dalam masa mudik libur panjang terhitung 28-1 November 2020 Polres Semarang bakal memaksimalkan peran Kampung Siaga Covid-19.

Kapolres Semarang AKBP Ari Wibowo mengatakan guna mengantisipasi kedatangan para pemudik maupun wisatawan dari luar daerah pada libur panjang jajarannya telah mempersiapkan personil untuk ditempatkan pada titik yang dianggap menjadi potensi munculnya klaster mudik.

“Bahwa nanti ada libur panjang kami telah menyiapkan personil serta sarana prasarana pendukung. Kita akan tempatkan personil pada titik potensi kerawanan, karena masa libur cenderung banyak orang melintas bahkan berwisata,” terangnya kepada Tribunjateng.com, Selasa (27/10/2020)

Menurut AKBP Wibowo, menyambut masa libur panjang serta mengantisipasi risiko munculnya klaster baru Covid-19 karena pergerakan para pemudik Kampung Siaga Covid-19 sejumlah 206 titik di wilayah Kabupaten Semarang akan dimaksimalkan.

Ia menambahkan, tidak kalah penting selain mencegah penyebaran Covid-19 pada titik-titik berpotensi menjadi kerawanan terhadap kelancaran lalu lintas, gangguan keamanan akan ditempatkan personil yang tergabung dalam Siaga Wisata.

“Polisi lalu lintas akan ditempatkan di titik-titik kerawanan gangguan kelancaran dan keamanan di jalan raya, termasuk juga di berbagai obyek wisata, yang diperkirakan bakal dipadati oleh pengunjung,” katanya

Pihaknya mengungkapkan, kepada para pengelola tempat wisata agar menjamin penerapan protokol kesehatan  pencegahan yang ketat. Kemudian, masyarakat maupun para wisatawan untuk mengedepankan kepatuhan dan disiplin dalam penerapan pencegahan penularan Covid-19 selama liburan panjang.

Dikatakannya, banyaknya objek wisata yang ada di wilayah Kabupaten Semarang kepolisian juga akan melibatkan petugas gabungan seperti TNI, Satpol PP, dinas kesehatan, dinas perhubungan, dan dinas pariwisata.

“Karena wilayah Kabupaten Semarang ini merupakan daerah perlintasan. Tetapi yang pasti Polres Semarang telah siap, termasuk pada destinasi rumah makan atau pusat kuliner akan ditempatkan satuan khusus Siaga Wisata,” ujarnya. (ris)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved