Breaking News:

Berita Kebumen

Pemkab Kebumen Kebut Perbaikan Beberapa Tanggul Jebol Pemicu Banjir

Bupati Kebumen Yazid Mahfudz mengatakan, di Kelurahan Panjatan, dua rumah rusak diterjang banjir akibat jebolnya tanggul sungai Karanganyar

Penulis: khoirul muzaki | Editor: muslimah
Istimewa
Perbaikan tanggul sungai Karanganyar Kebumen 

TRIBUNJATENG.COM, KEBUMEN - Pemerintah Kabupaten Kebumen mengebut perbaikan beberapa titik tanggul sungai yang jebol karena luapan.

Perbaikan tanggul Sungai Karanganyar di Kelurahan Panjatan, Kecamatan Karanganyar bahkan telah rampung, kemarin sore, Selasa (28/10).

Bupati Kebumen Yazid Mahfudz mengatakan, di Kelurahan Panjatan, dua rumah rusak diterjang banjir akibat jebolnya tanggul sungai Karanganyar.

Satu diantaranya bahkan rata dengan tanah. Rumah milik Tukirno (49) , warga RT 04 RW 01 Kelurahan Panjatan itu akan diperbaiki menggunakan dana Dinas Sosial PPKB, Baznas dan BPBD.

"Dari Dinsos Rp 10 juta, kemudian Baznas dan materialnya dari BPBD. Kita urunan, gotong royong," ujarnya.

Perbaikan tanggul berlanjut di Kelurahan Jatiluhur Kecamatan Karanganyar hari ini, Kamis (29/10). Di kelurahan itu, ada 24 keluarga terdampak banjir akibat jebolnya tanggul Sungai Karanganyar. Sebanyak 4 keluarga di antaranya di RT 01 RW 02 dan 20 keluarga di RT 01 RW 01. Dari jumlah itu, 4 rumah di antaranya mengalami kerusakan pada bagian dapur karena terjangan banjir.

"Karena belum bisa memasak, kita siapkan dapur umum," terangnya.

Sementara perbaikan tanggul jebol di Desa Madurejo Kecamatan Puring, dimulai sejak kemarin, Rabu, (28/10). Pekerjaan itu diharapkan segera selesai, sehingga warga tidak lagi was-was jika hujan turun kembali.

Untuk penanganan bencana banjir dan tanah longsor, pihaknya telah menerjunkan 10 alat berat di antaranya dari Dinas Pekerjaan Umum (DPU), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan Balai Besar Wilayah Serayu ( BBWS).

Pihaknya berharap penanganan bencana di Kabupaten Kebumen segera selesai. Sehingga masyarakat kembali beraktivitas normal.

"Saya minta masyarakat tetap waspada mengingat diprediksi masih akan turun hujan," katanya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved