Breaking News:

Berita Demak

Awasi Perekrutan Anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara, Ini Temuan Bawaslu Demak

Ketua Bawaslu Demak menyatakan pihaknya telah melakukan pengawasan terhadap proses perekturan anggota KPPS.

Tribun Jateng/M Yunan Setiawan
Ketua Bawaslu Demak saat ditemui Tribunjateng.com, di Kantor Bawaslu Demak di Jalan Fatah, Demak. 

TRIBUNJATENG.COM, DEMAK - Ketua Bawaslu Demak, Khoirul Saleh menyatakan, pihaknya telah melakukan pengawasan terhadap proses perekturan anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Saat ini, ungkap dia, mengawasi rekam jejak pendaftar anggota KPPS.

Menurutnya, hasil pengawasan tersebut menemukan pendaftar yang diduga tidak netral. Hal itu disebabkan karena pendaftar tersebut masuk anggota partai politik.

"Itu terlihat di sisten informasi parpol. Tapi kami harus pastikan apakah dia benar anggota atau namanya dicatut sebagai anggota saja. Kalau masuk partai politik maka wajib hukumnya tidak boleh jadi anggota KPPS," kata Khoirul kepada Tribunjateng.com, Jumat, (30/10/2020).

Tak hanya itu, Khoirul jug menambahkan bahwa pihaknya juga menemukan calon anggota KPPS di Kecamatan Bonang sudah 2 periode.

Kejadian yang sama, tutur dia, juga terjadi di Desa Weding, Kecamatan Bonang. Ada calon anggota KPPS sudah pernah 2 kali menjadi anggota KPPS.

"Temuan ini sudah disampaikan ke PPK Bonang. Sudah ditindaklanjuti. Tapi kami akan pastikan apakah nama-nama yang tidak memenuhi syararmt tersebut tidak tercantum atau tercantum sebagai anggota KPPS," tandasnya. (*)

Penulis: Muhammad Yunan Setiawan
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved