Breaking News:

Berita Semarang

Semarang Jadi Tuan Rumah P2B2 ke XVII 2020, Peroleh Tiga Penghargaan Lepri

Menyikapi pandemi, Persatuan Dokter Spesialis Bedah Umum Indonesia (PABI) Cabang Semarang mengadakan pertemuan ilmiah.

Tribun Jateng/Hermawan Handaka
Benedictus Kartika W (kanan) didampingi Ketua Umum LEPRI , Paulus Pangka saat memantau pelaksanaan pertemuan ilmiah Pengembangan Profesi Bedah Berkelanjutan (P2B2) PABI ke XVII tahun 2020 di Hotel Poo Semarang, Jumat (30/10). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Persatuan Dokter Spesialis Bedah Umum Indonesia (PABI) Cabang Semarang mengadakan pertemuan ilmiah Pengembangan Profesi Bedah Berkelanjutan (P2B2) PABI ke XVII tahun 2020 di Hotel Poo Semarang. Kegiatan berlangsung selama empat hari, 27-30 Oktober 2020.

Ketua Panitia, Benedictus Kartika W menjelaskan, pertemuan ilmiah ini biasa diadakan rutin tiap tahun dan diselenggarakan dengan tatapmuka di salah  satu Kota di Indonesia dengan pelaksana PABI Cabang setempat. Tahun ini, PABI Cabang Semarang mendapat  tugas sebagai pelaksana.

Jumlah peserta yang teregistrasi pada arara ini sehanvak 2158 terdiri dari Nakter Spesialis Bedah Umum dan Spesialis selain Bedah Umum, Dokter Bedah Sub Spesialis, Peserta Didik Calon Spesialis Bedah/Residen, serta dokter umum yang tersebar di seluruh Indonesia.

"Kegiatan ini secara unik berbeda dengan sebelumnya karena diselenggarakan secara penuh dalam jaringan atau online sebagai komitmen kami menyikapi pandemi COVID-19 yang sedang terjadi di Negara tercinta ini, " ujarnya.

Benedictus Kartika W menambahkan, pandemi bukanlah hambatan dan halangan sebagai Dokter terutama Dokter Spesialis Bedah Umum untuk tetap meningkatkan kompetensi demi meningkatkan pelayanan kami terhadap pasien.

"Kondisi yang semua alami bersama ini memberikan pengaruh terhadap penyelenggaran yang dilaksanakan dengan pertemuan akbar bertatap muka, namun kami menyikapi pelaksanaan kali ini sebagai tantangan tersendiri agar acara P2B2 PABI dapat tetap terlaksana dengan baik dan dapat tetap memenuhi kebutuhan dokter spesialis bedah umum untuk berdiskusi ilmiah dan saling membagikan pengalaman, " imbuhnya.

Opening Ceremony dilaksanakan secara online diikuti oleh peserta dari Seluruh Indonesia dan dibuka langsung oleh Gubernur Jawa Tengah Bapak H. Ganjar Pranowo, SH., MIP. Kegiatan tidak hanya saling membagikan ilmu dan pengalaman, tetapi juga terdapat kompetisi berupa E-Poster dan Presentasi Podium yang dilaksanakan juga secara online diikuti oleh 237 peserta dengan jumlah abstrak yang masuk sebanyak 262.

Kegiatan juga disertai Pengangkatan Pelantikan Anggota PABI baru sebanyak 326 Dokter Spesialis Bedah Umum dan dilakukan pertama kali secara online dari lulusan berbagai centre Pendidikan di Indonesia.

Dikelaskannya, acara ini terselenggara berkat kerjasama yang baik selruh panitia dari pelindung, penasehat, steering committee, diantaranya Gubernur Jawa Tengah beserta jajarannya, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Dinas Kesehatan Jawa lengah, Pemerintah kota Semarang, IDI Pusat dan Wilayah Jawa Tengah, Pengurus Pusat PABI dan Seluruh Cabang.

"Selain itu Kolegium Ilmu Bedah Indonesia, IKABI Korwil Jateng, Bagian Ilmu Bedah Fakultas Kedokteran UNDIP, dan terutama yang telah bekerja dengan keras Organizing Committee Seluruh Anggota PABI Cabang Semarang dan sekitarnya, " pungkasnya.

Pihaknya juga berterimakasih kepada LEPRI (Lembaga Prestasi Indonesia Dunia) bahwa ternyata kegiatannya mendapat apresiasi dan penghargaan.

Ketua Umum LEPRI , Paulus Pangka menjelaskan, ada tiga penghargaan yang diberikan antara lain  Pengembangan Profesi Bedah Berkelanjutan (P2B2) Yang  Dilaksanakan Secara Virtual Selama 4 Hari Diikuti Peserta terbanyak, 2041 Peserta terdiri dari Dokter Spesialis Bedah Umum, Dokter Spesialis Selain Bedah Umum, Dokter Bedah Subspesialis, Peserta Didik / Calon Dokter Bedah, Dokter Umum Seluruh Indonesia.

Kemudian penghargaan berikutnya pengangkatan anggota PABI baru terbanyak, 326 Dokter Spesialis Bedah Umum yang dilakukan secara virtual pertama di Indonesia. Selain itu pemberian apresiasi atas penyelenggaraan Lomba E-poster dan Presentasi Podium secara virtual pertama dan terbanyak, 237 Peserta dengan 262 paper. (*)

Penulis: Hermawan Handaka
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved