Breaking News:

Berita Demak

Geluti Bisnis ikan Cupang, Pemuda Asal Sayung Ini Bisa Raup Omzet Jutaan Rupiah

Kegemaran Ali Shodiqin dengan ikan cupang awalnya hanya sekadar keisengan mencari kesibukan di waktu luang.

Tribun Jateng/Muhammad Yunan Setiawan
Ali Shodiqin (28) pengusaha ikan cupang asal Sayung, Demak. Pada pandemi ini, bisnisnya mengalami kenaikan omzet hingga tiga kali lipat. 

TRIBUNJATENG.COM - Kegemaran Ali Shodiqin dengan ikan cupang awalnya hanya sekadar keisengan mencari kesibukan di waktu luang.

Suatu hari ia membuka Youtube dan melihat Robby Messa sedang menerangkan jenis-jenis ikan cupang. Dari situ, ia akhirnya kepincut dengan ikan cupang dan berniat memeliharanya.

"Saya lalu beli satu ekor dari Robby. Dikirim dari Lampung, ternyata sampai rumah ikannya masih hidup," katanya kepada Tribunjateng.com, Sabtu, (31/10/2020).

Setelah itu, dia tahu ikan cupang ternyata bisa memiliki peluang bisnis yang baik karena bisa dikirim ke luar kota. Ali kemudian mengembangkan minatnya tidak lagi sekadar pengoleksi, tapi juga pelaku petani cupang.

Laki-laki warga Desa Bedono, Kecamatan Sayung, Demak itu berujar, sejak itu dirinya sibuk menggeluti ikan cupang, dari mengawinkan, merawat hingga menjual.

Memulai usaha sejak akhir 2019, laki-laki berusia 28 tahun ini kini bisa meraup omzet jutaan rupiah. Apalagi, tutur dia, sejak pandemi corona melanda Indonesia, omzetnya naik lebih dari tiga kali lipat.

"Awal-awal dulu sekira 1-1,5 juta. Omzet meningkat 4 bulan terakhir, sekira 3-5 juta."

Dia mengakui pada masa pandemi, peminat ikan cupang semakin banyak. Bagi Ali, hal itu menggembirakan sekaligus mengkhawatirkan. Pasalnya, selain semakin banyak pembeli, juga semakin banyak pendatang baru yang merambah bisnis cupang, sehingga melahirkan banyak pesaing.

Menghadapi kondisi tersebut, kata Ali, ia harus cerdik dalam menjalankan bisnis tersebut. Karena kalau tidak, bisa dengan mudah dikalahkan pesaing lain.

"Yang penting jaga kualitas," kata dia, singkat.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Yunan Setiawan
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved