Breaking News:

Berita Pekalongan

Komisi IV Berharap Perselisihan PT Pajitek dan Buruh Korban PHK Tak Sampai ke Pengadilan

Audiensi antara PT Pajitex dengan eks karyawannya yang telah di PHK terjadi lagi untuk kedua kalinya di DPRD Pekalongan.

Istimewa
Komisi IV DPRD Kabupaten Pekalongan saat melakukan audiensi dengan perwakilan eks karyawan PT Pajitex, perwakilan PT Pajitex, dan dinas terkait di ruang rapat Komisi IV. 

TRIBUNJATENG.COM, KAJEN - Audiensi antara PT Pajitex dengan eks karyawannya yang telah di PHK terjadi lagi untuk kedua kalinya di DPRD Kabupaten Pekalongan.

257 eks karyawan PT Pajitex mengadu ke anggota DPRD setelah pertemuan bipartit dan tripartit gagal menemui titik temu.

Pihak perwakilan eks karyawan PT Pajitex dan SPN menganggap bahwa perusahaan belum melakukan kewajibannya.

Ketua Komisi IV yakni Kholis Jazuli kepada Tribunjateng.com mengatakan, setelah mendengarkan audiensi kepada seluruh pihak yang bersangkutan.

Pihaknya sudah menggaris bawahi point penting yang disampaikan dalam audiensi tersebut.

"Dari hasil rapat Senin (2/11/2020) sore, ada point-point yang kami garis bawahi yaitu bahwa tadi dari pihak kuasa hukum PT Pajitex sudah memberikan lampu kuning, jika sudah adanya kesepahaman bersama tentang PHK ini maka dari pihak perusahaan siap memberikan pesangon bisa lebih dari 0,75 dari ketentuan."

"Itu bisa dirembug atau dimusyawarahkan kembali sehingga nanti kalau memang ada titik temu mungkin akan berhasil," kata Kholis saat ditemui Tribunjateng.com, Selasa (3/11/2020).

Menurutnya hal ini ibarat jual beli. Kedua belah pihak jangan terlalu kukuh, jika salah satu sudah memberikan peluang lampu kuning maka lainnya juga mengikuti agar bisa ketemu kesepakatannya.

Kemudian yang kedua, muncul permasalahan baru yang disampaikan oleh eks karyawan PT Pajitex bahwa gaji bulan Oktober 2020 ini belum diterima.

Padahal sesuai undang-undang bahwa ketika perselisihan industrial belum terselesaikan atau masih dalam mediasi, maka pihak perusahaan masih berkewajiban memberikan hak dan kewajibannya kepada buruh. Tetapi itu tidak dilakukan oleh pihak PT Pajitex.

Halaman
123
Tags
audiensi
Penulis: Indra Dwi Purnomo
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved