Breaking News:

Berita Semarang

Hari Pahlawan, PT KAI Bagikan 10 Ribu Voucher Naik Kererta Gratis Kepada Guru dan Tenaga Medis

Menyambut hari Pahlawan, PT KAI bagikan voucher tiket Kereta Api secara cuma-cuma kepada guru dan tenaga kesehatan.

istimewa
Ilustrasi.. EVP PT KAI Daop 4 Semarang, Muhammad Nurul Huda Dwi Santoso memberikan voucher kepada penumpang kereta menyambut HUT ke-75 PT KAI, Senin (28/9). PT KAI Daop 4 Semarang membagikan 75 souvenir dan 20 voucher tiket kelas eksekutif. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Menyambut hari Pahlawan, PT Kereta Api Indonesia (KAI) bagikan voucher tiket Kereta Api secara cuma-cuma kepada guru dan tenaga kesehatan.

Ada sekitar 10 ribu voucher tiket kereta api yang disediakan. Tiket itu bisa digunakan untuk periode keberangkatan dari 8 sampai dengan 30 November 2020.

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo menuturkan program gratis naik kereta api dihadirkan untuk menghormati dan menghargai guru serta tenaga kesehatan yang merupakan pahlawan tanpa tanda jasa.

Menurutnya, guru adalah sosok utama di garda terdepan pendidikan nasional dimana pendidikan merupak wadah pondasi sangat penting pencetak generasi bangsa.

Sementara para tenaga kesehatan merupakan para pahlawan kemanusiaan pada masa pandemi Covid-19 saat ini.

"Mereka yang berada di garis terdepan tidak hanya mengorbankan waktu, pikiran, dan tenaga, tetapi juga rela mengorbankan risiko kesehatannya demi keselamatan orang lain,"jelasnya dari keterangan pers yang dikeluarkan PT KAI DAOP 4 Semarang, Jumat (6/11/2020).

Dikatakannya, adapun yang berhak mendapatkan voucher tersebut adalah guru TK sampai SMA atau sederajat dan tenaga kesehatan. Program tersebut tidak berlaku untuk dokter, petugas administratif, dan tata usaha.

Syarat untuk mendapat voucher bagi guru adalah menyerahkan fotokopi identitas sebagai guru berupa Kartu atau Surat Keterangan. Adapun untuk tenaga kesehatan, menyerahkan fotokopi Surat Izin Praktik (SIP) yang masih berlaku.

"Secara keseluruhan ada 35 KA kelas Eksekutif dan Ekonomi yang dapat digunakan secara gratis ke berbagai tujuan pada periode 8 sampai dengan 30 November 2020 dengan menukarkan voucher tersebut," terangnya.

Voucher, kata dia, dapat diambil di Customer Service pada 9 Stasiun yaitu Gambir, Bandung, Cirebon, Semarang Tawang, Purwokerto, Yogyakarta, Madiun, Surabaya Gubeng, dan Jember. Pengambilan voucher tidak dapat diwakilkan.

"Kuota pengambilan voucher perhari terbatas untuk menciptakan physical distancing," tutur dia.

Namun, lanjutnya,Khusus di wilayah PT KAI (Persero) Daerah Operasi 4 Semarang terdapat KA Kaligung dan Kamandaka yang bisa mendapatkan program ini.

"Di wilayah PT KAI (Persero) Daop 4 Semarang terdapat 318 tiket voucher kelas eksekutif dan 1.811 tiket voucher kelas ekonomi,"terangnya.

Ia mengatakan voucher tiket KA Ekonomi dapat diambil mulai 11 sampai dengan 29 November 2020. Voucher itu bisa ditukarkan dengan tiket KA keberangkatan 12 sampai dengan 30 November 2020.

"Tiket Voucher tersebut diberikan selama ketersediaan masih ada dan pengambilannya tidak dapat diwakilkan maupun dipindahtangankan," tukasnya. (*)

Penulis: rahdyan trijoko pamungkas
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved